Teknik yang Benar Hindari Objek di Tengah Jalan saat Menikung

Kompas.com - 17/06/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi berkendara Otomania/Setyo AdiIlustrasi berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor butuh keterampilan dan juga fokus yang tinggi. Sebab, banyak hal tak terduga yang bisa ditemui saat berkendara di jalan raya.

Salah satunya adalah saat menemui objek di tengah jalan saat sedang menikung. Kadang ada jalan raya yang tikungannya dilewati dengan kecepatan menengah.

Baca juga: Nmax Adu Kambing dengan Scoopy Gara-gara Cornering di Jalan Raya

Dalam kondisi tersebut, bisa saja ada objek yang menghalangi di tengah jalan, seperti kucing atau orang yang menyeberang, benda milik pengendara lain yang terjatuh, atau lainnya.

Biker terjungkal setelah melibas tikungan dengan teknik yang salah.Youtube Biker terjungkal setelah melibas tikungan dengan teknik yang salah.

Jusri Pulubuhu, Founder dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, sebaiknya jangan pernah melakukan perlambatan (pengereman) pada saat menikung. Apalagi, posisi motor sudah cukup miring.

"Saat menutup gas saja, posisi motor akan kembali tegak, apalagi jika mengerem," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jika remnya sampai mengunci, ban bisa kehilangan traksi atau selip. Jika ban belakang yang selip disebut oversteer, sedangkan ban depan selip disebut understeer.

Baca juga: Ingat Lagi, Jangan Banyak Gaya Cornering Motor di Jalan Raya

"Cara menyikapi kondisi tersebut yang benar adalah tegakkan dulu posisi motor, baru lakukan perlambatan. Setelah motor dalam posisi tegak, baru mengerem. Saat objek sudah dilewati, baru menikung kembali," kata Jusri.

Sebab, motor-motor yang banyak beredar di jalan belum memiliki teknologi Lean Control, seperti yang ada pada motor gede (moge) premium.

"Lean Control ini akan membuat motor ke posisi tegak apabila pengendaranya melakukan pengereman saat menikung atau motor dalam posisi miring," ujar Jusri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X