Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Helm Sendiri yang Pas saat Naik Ojek Online

Kompas.com - 16/06/2020, 12:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, terutama saat berkendara menggunakan ojek online, penumpang diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) sekaligus membawa helm sendiri.

Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan transportasi umum, membawa helm sendiri mungkin agak merepotkan. Namun agar tetap praktis dibawa kemana-mana, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Agus Hermawan, Owner Juragan Helm, mengatakan, helm half face lebih cocok untuk dibawa sehari-hari lantaran bentuk yang lebih ringkas dan bobotnya yang lebih ringan daripada helm full face.

Baca juga: Saat Toyota Innova Punya Kabin ala Jet Pribadi

Yang paling diburu merek GM.Febri Ardani Yang paling diburu merek GM.

Helm half face tidak terlalu berat jika harus ditenteng kemana-mana. Apalagi kalau dimasukkan ke dalam tas helm, jadi lebih mudah dibawa,” ucap Agus, kepada Kompas.com belum lama ini.

Meski begitu, ternyata helm half face ada banyak jenisnya. Jika ingin lebih praktis, pilihlah helm yang tidak memiliki pet atau topi.

“Supaya enggak terlalu makan tempat. Sebab adanya pet atau topi membuat helm kurang praktis saat dimasukkan ke dalam tas,” ujar Agus.

Baca juga: Hanya Ada 100 Unit, Nissan Livina Sporty Package Dijual Rp 265,4 Juta

Balaclavaaripitstop Balaclava

Selain itu, pilihlah helm yang memiliki visor atau kaca untuk melindungi wajah dari debu atau terpaan hujan.

“Untuk menambah perlindungan, pakai masker, buff, atau balaclava. Saat berkendara visor juga sebaiknya ditutup,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com