Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisi Pelindung Taksi Online, Penumpang Lebih Terasa Aman

Kompas.com - 14/06/2020, 16:20 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat banyak sektor ekonomi yang terdampak, tidak terkecuali transportasi online.

Tidak sedikit masyarakat yang leih memilih untuk menggunakan transportasi pribadi, karena takut tertular virus mematikan tersebut.

Namun, pengemudi dan penumpang taksi online boleh sedikit lega, karena para aplikator memberi sekat partisi sebagai pelindung yang memisahkan antara penumpang dan pengemudi.

Baca juga: Cara Aman Melintas di Jalan Menanjak untuk Mobil Penggerak Roda Depan

Michelle, wanita yang berkerja sebagai Make Up Artist (MUA) di Jakarta mengaku mulai berani untuk menggunakan taksi online semenjak mereka menggunakan sekat partisi.

“Begitu tahu kalau taksi online pake partisi, saya langsung berani untuk kembali menggunakan taksi online. Rasanya pasti lebih aman dan lebih bersih,” kata Michelle kepada Kompas.com, Sabtu (13/6/2020)

Michelle melanjutkan, ia memberikan apresiasi kepada driver yang tanggap untuk memasang sekat partisi di mobilnya dan menerapkan berbagai protokol kesehatan sebagai bentuk dari upaya pencegahan virus.

Sekat partisi pada mobil pengujian praktik SIM di Satpas Daan Mogot Dok. Satpas SIM Daan Mogot Sekat partisi pada mobil pengujian praktik SIM di Satpas Daan Mogot

“Mereka juga disarankan tidak ngobrol dengan penumpang, mungkin untuk mengindari virus yang bisa menyebar melalui sirkulasi udara,” katanya.

Della, seorang karyawan 24 tahun juga merasa sangat terbantu dan terjaga privasinya dengan adanya sekat partisi tersebut.

Baca juga: Ini Penyebab Banyak Pengguna Kendaraan Tak Tertib Aturan

Sekat partisi tersebut sangat berguna bagi penumpang yang membutuhkan privasi lebih seperti saya. Jadi tidak diajak ngobrol, kalau pun ngobrol suaranya tidak terdengar begitu jelas,” katanya.

Dengan adanya sekat partisi tersebut, menurut Della penumpang wanita juga bisa lebih aman dari tindak kejahatan yang mungkin saja bisa dilakukan oleh driver.

“Sebagai penumpang wanita, saya juga merasa lebih aman. Sebab kalau amit-amit mendapat driver yang jahat mereka akan kesusahan melakukan kejahatannya karena ada sekat partisi tersebut,” lanjut Della lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com