Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diklaim Mobil Teraman, Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia?

Kompas.com - 13/06/2020, 14:01 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama meluncur, Daihatsu Rocky sudah sukses menyebet penghargaan bintang lima sebagai mobil teraman dalam uji keselamatan yang dilakukan Japan New Car Assesment Program (JNCAP).

Mobil yang pernah digadang-gadang sebagai adik dari Terios ini berhasil mendapat rating tertinggi yang hasilnya dikeluarkan oleh Kementerain Transportasi Jepang dan National Agency for Automotive Safety & Victims'Aid (NASVA).

JNCAP melakukan evaluasi pengujian melalui pertimbangan kasus aktual dan karaktiristik kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di Jepang.

Secara keseluruhan ada tiga aspek utama, yakni meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan pejalan kaki, dan sabuk pengaman atau safety belt.

Baca juga: Wuling Siap Merilis MPV Penantang Toyota Innova

Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepanghttps://www.nasva.go.jp/ Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepang

Melansir dari laman JNCAP, Rocky mendapat nilai 85,7 poin untuk kinerja keamaan saat terjadi benturan. Sementara untuk kinerja keselamatan preventifnya mencapai 73,6 poin.

Daihatsu Rocky pertama pertama kali muncul pada ajang Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini lahir sebagai compact SUV yang memiliki kapasitas lima penumpang dan dirancang bangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Seperti Rush dan Terios, Rocky juga merupakan produk kembar dari kolaborasi dengan Toyota, yakni Raize. Bicara soal desain, tampilannya memang dibuat lebih sporty dengan guratan tegas untuk menonjolkan aura SUV.

Dari segi teknologi, Rocky sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur terkini termasuk dalam hal keamanan yang sudah mengaplikasi Smart Assist System layaknya Daihatsu Tanto. Bahkan diklaim fitur yang dimiliki Rocky lebih lengkap dibandingkan kembarannya.

Pencapaian lima bintang kali ini bukan yang pertam badi Daihatsu. Sebelum Rocky, Daihatsu sudah sempat meraih prestasi serupa melalui mobil city car-nya, yakni Boon.

Baca juga: Bisakah Virus Menyebar Melalui Sirkulasi Udara Mobil?

Lalu kapan kira-kira PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan meluncurkan Rocky di Tanah Air ? mengingat pada akhir tahun lalu sempat ramai kabar soal kehadiran Rocky. Bahkan sebelumnya juga dinformasikan mobil ini bakal diproduksi di Indonesia.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Bagi yang masih menantikan Rocky ke Indonesia, jangan berharap terlalu banyak. Beberapa wawktu lalu Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, sudah menegaskan bila Daihatsu untuk tahun ini tak ada produk baru.

"Tahun ini Daihatsu tidak ada produk baru lagi, jadi terakhir yang kami luncurkan secara virtual waktu itu adalah Sirion facelift dan Ayla," kata Amel beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com