Pebalap Indonesia yang Berpotensi Ikut Extreme E

Kompas.com - 12/06/2020, 10:42 WIB
Ajang balap off-road SUV elektrik thesportsman.comAjang balap off-road SUV elektrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim balap asal Indonesia, Techeetah XE, diketahui akan mengikuti ajang balap off-road SUV elektrik, yakni Extreme E. Namun, sejauh ini belum diumumkan siapa saja yang akan jadi pebalapnya.

Extreme E mengusung misi penting, yakni meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim dan kesetaraan gender. Sehingga, pebalapnya diharuskan terdiri dari satu pebalap pria dan satu pebalap wanita.

Baca juga: Polisi Ikutan Go Green Pakai Mobil Listrik Tesla Model 3

Balapan akan berlangsung sebanyak 2 lap. Masing-masing pebalap, pria dan wanita, akan mengikuti satu lap secara bergantian.

Tim balap Techeetah XE yang akan mengikuti Extreme ETecheetah XE Tim balap Techeetah XE yang akan mengikuti Extreme E

M Wahab S, pengamat motorsport, mengatakan, si ajang balap apa pun, keberadaan local hero itu sangat penting. Dengan adanya pebalap lokal atau pebalap Indonesia, hal ini bisa meningkatkan rating penonton.

Sebab, balapan ini digelar tanpa penonton, hanya mengandalkan siaran televisi. Arena ekstrem yang digunakan tidak memungkinkan untuk menghadirkan penonton. Balapan akan disiarkan oleh stasiun televisi lokal dan internasional.

Baca juga: Formula E Batal, BMW Akan Tetap Luncurkan Mobil Listrik

"Jadi, secara logika, harusnya ada pebalap Indonesia yang ikut. Melihat balapan seperti ini, bukan hanya pebalap Formula 1 saja yang punya kesempatan," ujar Wahab, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahab menambahkan, pebalap di level tertinggi sekarang menurutnya ada Sean Gelael. Menurut Wahab, Sean yang punya kesempatan paling besar.

Tim balap Techeetah XE yang akan mengikuti Extreme ETecheetah XE Tim balap Techeetah XE yang akan mengikuti Extreme E

"Tapi, Extreme E ini juga memberi kesempatan untuk pebalap off-roader untuk bisa tampil. Tapi, apakah tim Techeetah XE ini mau untuk mengambil pebalap-pebalap itu," kata Wahab.

Menurut Wahab, pebalap paling potensial adalah Sean. Sean memiliki pengalaman dan kemampuan sebagai pebalap Formula 2 (F2).

"Tapi, dia juga punya prestasi bagus di reli. Kecuali, memang ada pebalap off-road yang spesial banget," ujar Wahab.

Sedangkan untuk pebalap wanitanya, juga masih menjadi tanda tanya besar, siapa yang akan dipilih oleh Techeetah XE. Apakah pebalap dari Indonesia atau pebalap Asia lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X