Mitos atau Fakta, Sering Ganti Merek Oli Bisa Merusak Mesin?

Kompas.com - 07/06/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC SHUTTERSTOCKIlustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penggantian oli mesin pada kendaraan menjadi rutinitas wajib, untuk menjaga agar komponen mesin tetap terjaga.

Tetapi, tidak jarang para pemilik kendaraan masih tidak bisa setia dengan satu jenis merek oli sehingga sering bergonta ganti merek pelumas mesin.

Salah satu alasannya adalah tergiur dengan spesifikasi oli maupun keunggulan yang ditawarkan dari setiap produk pelumas tersebut.

Baca juga: Ragam Mitos Sesat Campuran Oli, Pakai Minyak Goreng sampai Pisang

Alasan lainnya adalah untuk mencari spesifikasi oli yang sesuai untuk jantung pacu selain pelumas yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Padahal, sering ganti-ganti merek oli juga bisa berdampak buruk pada kendaraan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambang menjelaskan, salah satu penyebabnya adalah karena setiap merek pelumas mempunyai zat aditif yang tidak sama.

“Masing masing merek punya punya zat aditif yang berbeda beda, bisa membuat sludge (lumpur) kalau dicampur campur,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (6/6/2020).

Lumpur tersebut, kata Bambang, disebabkan karena saat penggantian pelumas pastinya di dalam ruang mesin akan terdapat sisa pelumas lama yang tidak bisa keluar.

Kemudian, saat jantung pacu diisi dengan jenis pelumas dengan merek berbeda maka hal ini akan menyebabkan terjadinya lumpur atau sludge pada mesin.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Motor Jangan Semprot Angin Kompresor, Ini Alasannya

“Saat penggantian masih ada sisa oli, itu yang menjadikan munculnya sludge,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.