Jangan Asal Pilih Oli, Mobil Mesin Bensin dan Solar Beda Karakter

Kompas.com - 31/05/2020, 11:02 WIB
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri. tqnMengganti oli bisa dilakukan sendiri.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penggantian oli mesin menjadi rutinitas yang dilakukan para pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Dengan melakukan penggantian pelumas di jantung pacu, sekaligus menjaga kinerjanya agar selalu prima saat digunakan.

Tetapi, untuk oli mobil ada beberapa jenis berbeda sesuai dengan tipe mesinnya yakni untuk mobil bensin dan juga mobil solar.

Perbedaan jenis pelumas ini juga menyesuaikan dengan karakter mesinnya. Maka dari itu, sebelum melakukan penggantian oli mesin sebaiknya dipahami dulu jenisnya agar tidak salah dalam memilih.

Baca juga: Ini Waktu Ideal Mengganti Oli Gardan Skutik

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, untuk mengetahui apakah oli tersebut untuk mesin bensin atau solar bisa dilihat dari tanda yang ada pada setiap kemasannya.

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

Pabrikan akan memberikan tanda khusus dengan sebuah huruf sebagai pembeda antara oli mobil bensin dengan diesel.

Untuk mobil dengan mesin bensin ditandai dengan kode huruf S (service) atau spark plug ignition. Tanda ini berarti bahwa oli tersebut digunakan untuk mesin yang menggunakan busi atau bensin.

“Untuk mobil bensin harus menggunakan oli dengan kode huruf awalan S. Misalkan API SA, SB, SC dan seterusnya. Semakin tinggi abjadnya setelah huruf S akan semakin bagus, contohnya SF,” ujar Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, sedangkan untuk mobil dengan mesin diesel menggunakan jenis oli yang ditandai dengan huruf C atau Commercial.

Baca juga: Jangan Campur Pisang atau Minyak Goreng ke Oli Mesin Kendaraan, Ini Akibatnya

“Untuk mesin diesel menggunakan olinya berbeda dengan mesin bensin, kodenya C. Misalkan API CA, CD dan seterusnya,” ucapnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X