Ganti Oli Mesin Motor Jangan Semprot Angin Kompresor, Ini Alasannya

Kompas.com - 31/05/2020, 15:45 WIB
Ganti oli motor ShutterstockGanti oli motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Saat melakukan penggantian oli mesin sepeda motor di bengkel, terkadang teknisi menyemprot angin kompresor di ruang mesin.

Salah satu alasannya, agar sisa-sisa oli yang masih ada di dalam jantung pacu bisa segera habis.

Ada yang percaya bahwa dengan habisnya sisa oli di dalam mesin maka kinerja pelumas yang baru bisa lebih optimal.

Padahal, cara tersebut justru tidak disarankan karena udara pada kompresor yang masuk ke dalam ruang mesin mengandung uap air.

Sehingga, jika cara tersebut dilakukan bisa saja uap air yang masuk ke dalam ruang mesin bersama angin justru tertinggal di dalam.

Baca juga: Pelayanan SIM di Solo Prioritaskan Pemohon yang Bikin Baru

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tabung kompresor untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Tabung kompresor untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).

Kondisi tersebut bisa berpengaruh terhadap kinerja oli dalam melakukan pelumasan komponen yang ada di dalam dapur pacu.

Pemilik bengkel spesialis matik Naranata Motor Joko Purnomo mengatakan, bahwa udara yang terembus dari kompresor mengandung uap air.

“Saat melakukan penggantian oli mesin, sebaiknya tunggu sampai olinya habis sendiri tidak perlu menyemprotnya menggunakan kompresor. Angin dari kompresor itu mengandung uap air,” ujar Joko kepada Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Selain itu, Joko menambahkan, udara dari kompresor yang disemprotkan di dalam ruang mesin bisa saja membuat kotoran yang ada di dalamnya justru menyebar.

Baca juga: Cara Membaca Kode pada Kemasan Oli Mesin Mobil

Kondisi ini membuat kotoran yang seharusnya bisa keluar bersama pelumas bekas tersebut tidak bisa keluar lantaran sudah terdorong oleh angin kompresor yang bertekanan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.