Simpan Baik-baik Ban Serep Jangan Sampai Lepas Saat Jalan

Kompas.com - 01/06/2020, 14:01 WIB
Ban serep Foto: PeugeotBan serep

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasarnya, setiap mobil pabrikan sudah dilengkapi dengan ban serep. Posisinya berbeda-beda, tergantung dari merek dan tipe mobil.

Ada yang letkanya di dalam bagasi, di kolong mobil, dan di bagian luar pintu belakang atau yang sering juga disebut konde.

Berkaca dari video yang sempat viral beberapa waktu lalu, tentang dua pemotor yang terlibat kecelakaan lantaran tidak bisa menghindari ban serep yang terlepas dari mobil di depannya.

Hal ini menuntut para pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan posisi dan penyimpanan ban serep dengan baik.

Baca juga: Menebak di Mana Posisi Ban Serep pada Bus

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, sebenarnya pabrikan ban sudah menyiapkan penyimpanan untuk ban cadangan dengan sangat baik.

“Asal prosedur pengencangan penyimpanan ban cadangan dilakukan dengan baik, misal baut pengunci di kencangkan dengan baik, serta beberapa pakai kunci khusus atau gembok. Seharusnya itu sudah aman dan lebih dari cukup,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com.

Kepala Bengkel Warna-warni Ban, Wilman Ramo, mengatakan, ban serep yang letaknya di kolong mobil atau di bagian luar pintu belakang memang memiliki kemungkinan terlepas dari kendaraan.

Letak ban serep di kolong mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Letak ban serep di kolong mobil

Ban serep yang terletak di kolong mobil atau bagian luar pintu belakang itu dikaitkan dengan baut yang tembus hingga ruang penyimpanan. Kalau bautnya tidak kencang, bisa bunyi, dan kalau didiamkan lama-lama akan patah, copot,” katanya.

Baca juga: Starter Mobil Juga Ada Caranya, Jangan Asal!

Saat mengecangkan baut klem perlu waktu beberapa menit untuk membuatnya benar-benar kencang. Oleh sebab itu, Wilman menyarankan sebaiknya dilakukan oleh dua orang, satu orang untuk mengencangkan baut, satu orang lagi bertugas mengangkat ban cadangan.

“Jika baut penguncinya sudah dipastikan terkunci dengan baik, harusnya aman-aman saja jika di tempatkan di kolong mobil atau di bagian luar pintu.” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X