Tutup Pabrik, Nissan Pastikan Tak Hengkang dari Indonesia

Kompas.com - 29/05/2020, 17:00 WIB
Logo Nissan. NikkeiLogo Nissan.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Nissan Makoto Uchida mengumumkan berbagai rencana strategis dalam empat tahun mendatang di tengah keterpurukan laju perseroan beberapa waktu terakhir.

Salah satu rencananya ialah memusatkan fokus kegiatan produksi kendaraan bermotor di beberapa pabrik saja, yakni Inggris dan Sunderland untuk wilayah Eropa serta Thailand untuk ASEAN.

"Penutupan fasilitas manufaktur di Indonesia dan berkonsentrasi pada pabrik Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN," kata Uchida dalam keterangan resmi, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Demi Efisiensi, Nissan Tutup Pabrik di Indonesia

Nissan Motor Indonesia meresmikan pabrik baru di kawasan industri Purwakarta Jawa Barat, 8 Mei 2014. Pabrik seluas total 16 hektare itu untuk saat ini hanya akan digunakan untuk memproduksi MPV murah Datsun, Go  Panca.AFP PHOTO / BAY ISMOYO Nissan Motor Indonesia meresmikan pabrik baru di kawasan industri Purwakarta Jawa Barat, 8 Mei 2014. Pabrik seluas total 16 hektare itu untuk saat ini hanya akan digunakan untuk memproduksi MPV murah Datsun, Go Panca.
 

Atas keputusan tersebut, berbagai rencana PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air untuk melakukan lokalisasi beberapa model kendaraan, termasuk di dalamnya elektrifikasi, sontak buyar.

Meski demikian, Head of Communication NMI Hana Maharani memastikan bahwa perusahaan tidak akan hengkang dari Indonesia dan tetap berkomitmen untuk melangkah secara berkelanjutan.

"Kita akan terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan produk-produk baru," katanya saat dihubungi Kompas.com.

"Kami juga ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan NMI untuk menyediakan rangkaian produk dan layanan penjualan serta purna jual terbaik bagi pelanggan di sini," lanjut Hana.

Adapun terkait menghadirkan mobil listrik ke Indonesia, walau tak dijelaskan secara detail, Hana menyatakan bahwa pihaknya bakal berupaya mengabulkan hal tersebut.

Ini sesuai dengan komitmen Nissan di Thailand sebagai pemimpin regional wilayah ASEAN yang siap menerapkan terobosan baru, yakni e-Power.

 Baca juga: Dampak Kasus Carlos Ghosn, Nissan Tutup Pabrik dan PHK Karyawan

Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di ThailandNissan Global Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Thailand

Untuk diketahui, di Indonesia Nissan memiliki dua pabrik yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Satu pabrik digunakan untuk memproduksi mobil Nissan, sisanya untuk produksi merek Datsun yang terdiri dari model Go, Go+, dan Cross.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X