Selama Corona, Layanan Samsat Keliling di Jatim Dihentikan Sementara

Kompas.com - 28/05/2020, 11:12 WIB
Antrean pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Jalan Kertoarjo Surabaya, Selasa (30/10/2018). KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALAntrean pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Jalan Kertoarjo Surabaya, Selasa (30/10/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Jawa Timur (Jatim), Ditlantas Polda Jatim untuk sementara menghentikan pelayanan pajak kendaraan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) keliling.

Sementara, armada yang biasanya digunakan untuk pelayanan Samsat keliling (Samkel) ditarik ke kantor Samsat induk untuk membantu pelayanan pajak dan mengurai antrean wajib pajak.

Kasi Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) Ditlantas Polda Jatim, Kompol Bayu Prasetyo mengatakan, selama pandemi tidak ada pelayanan Samling di luar kantor Samsat induk .

“Kalau untuk Samling selama pandemi ini semuanya diperbantukan untuk pelayanan di kantor Samsat induk,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Pembayaran Pajak Kendaraan di Yogya

Penghentian ini, katanya untuk memecah kerumunan para wajib pajak saat membayar pajak kendaraan di kantor Samsat induk.

Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019

Sehingga, dengan adanya Samkel yang ada di halaman kantor induk para wajib pajak tidak perlu melakukan pembayaran di kantor induk.

Melainkan cukup membayar di tempat Samling yang ada di halaman kantor Samsat induk.

“Ini (penghentian Samkel) berlaku di seluruh Jatim, untuk membantu pelayanan pajak tahunan dan memecah keramaian masyarakat di dalam gedung Samsat,” ucapnya.

Dengan begitu, protap pencegahan Covid-19 seperti tetap menggunakan masker dan physical distancing tetap bisa terlaksana selama pembayaran pajak kendaraan.

Baca juga: Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jateng Berlaku sampai Juli 2020

“Protokol pencegahan Covid-19 selama pembayaran pajak kendaraan dan physical distancing juga tetap dilakukan,” kata Bayu.

Dengan adanya Samkel yang disiagakan di halaman kantor Samsat induk, wajib pajak yang melakukan pembayaran di dalam kantor bisa dimaksimalkan untuk pajak lima tahunan.

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

Sementara, untuk pajak kendaraan satu tahun tidak perlu masuk ke dalam kantor induk karena bisa dilayani dengan cepat di Samkel.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan di DIY, Tak Perlu Datang ke Kota Asal

“Untuk jam pelayanan selama pandemi Covid-19 ini mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB,” tuturnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X