Masih Banyak yang Jarang Merawat Lap Microfiber Meski Sering Dipakai

Kompas.com - 28/05/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali kita melakukan perawatan pada mobil dengan menggunakan lap microfiber. Namun, tak banyak ternyata pemilik mobil yang memperhatikan kondisi lap microfiber itu sendiri.

Lap microfiber merupakan salah satu jenis kain pilihan yang disebut paling efektif untuk membersihkan atau mengeringkan bodi kendaraan. Penggunaannya pun dipercaya tidak meninggalkan lecet halus seperti jenis kain lainnya.

Baca juga: Pilih Lap Microfiber untuk Bersihkan Bodi Mobil

Sifat serat sintesis pada lap microfiber bisa juga dimanfaatkan untuk mengaplikasikan wax pada kendaraan. Namun, perlengkapan ini ternyata memiliki masa pakai juga.

Ilustrasi Lap MicrofiberKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Lap Microfiber

Andy Hartono, Sales & Marketing Director Global Auto Internasional, mengatakan, lap microfiber jika tidak dirawat maka penggunaannya tidak akan optimal.

"Terutama harus sering dicuci baik sebelum maupun sesudah memakainya. Termasuk kalau baru beli, ada baiknya dilakukan pencucian dahulu," kata Andy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Andy menambahkan, tidak sulit untuk mencuci lap microfiber. Cukup basuh dengan air bersih saja. Tidak perlu menggunakan mesin cuci atau mencampurkan bahan kimia lainnya.

Baca juga: Lap Microfiber untuk Cuci Mobil Harus Dipisah

"Bisa juga direndam pakai air hangat. Lalu simpan kain, jangan sampai menjadi kering," ujar Andy.

Menurut Andy, lap microfiber yang jarang dirawat nksa saja menjadi kering. Saat digunakan untuk mengelap kendaraan, bisa saja malah menimbulkan goresan halus.

Sebaiknya, pemilik kendaraan memiliki lebih dari satu lap microfiber. Jadi, tetap bisa mengelap bagian mobil di saat lap yang satunya lagi sedang dicuci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.