Masih Banyak yang Belum Paham Fungsi Choke pada Motor Jadul

Kompas.com - 28/05/2020, 09:22 WIB
Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator MCNFungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor-motor modern, sudah jarang ditemukan penggunaan karburator. Komponen tersebut sekarang hanya bisa ditemukan pada produk lawas alias motor jadul.

Sepeda motor keluaran sekarang ini sudah dibekali dengan sistem injeksi yang sebagian besar pengaturannya dilakukan oleh komputer atau Electronic Control Unit (ECU). Berbeda dengan karburator yang pengaturannya masih manual.

Baca juga: Mudah Merawat Karburator Motor Jadul di Rumah Aja

Pada karburator, terdapat tuas khusus yang dinamakan "choke". Tak banyak sepertinya pemilik motor yang memahami fungsi atau cara kerja dari tuas ini.

Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburatorQuora.com Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator

Untuk letaknya sendiri, umumnya ada dua posisi. Posisi pertama diletakkan di setang sebelah kiri. Posisi kedua, terdapat di karburator.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, tuas choke yang ada pada karburator berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar.

Baca juga: Bahaya Bersihkan Karburator Menggunakan Bensin

"Biasanya, tuas ini digunakan pada pagi hari pada saat suhu mesin dingin, untuk memudahkan menghidupkan mesin motor," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburatorIstimewa Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator

Namun, jika mesin sudah hidup, sebaiknya posisikan tuas choke ke posisi semula. Agar suplai bahan bakar kembali normal.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X