Mungkinkah Bus Suites Class Jadi Standar Era New Normal?

Kompas.com - 28/05/2020, 07:42 WIB
kursi suites class laksana Kompas.com/Fathan Radityasanikursi suites class laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Model bus di Indonesia semakin beragam, salah satu yang menarik perhatian yaitu suites class. Model bus ini memiliki kabin dengan kursi rebah dengan jumlah kapasitas penumpang yang lebih sedikit dari bus pada biasanya.

Mengingat Indonesia sedang merencanakan aturan agar tetap bisa beraktivitas berdampingan dengan virus corona, mungkinkah bus dengan model suites class menjadi pilihan yang sesuai kondisi new normal dengan prinsip physical distancing?

Bus suites class seperti yang dipamerkan karoseri Laksana pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 hanya memiliki 21 kursi penumpang dengan model bertumpuk.

Baca juga: Arus Balik, Gerbang Tol Purwakarta Arah Jakarta Mulai Ditutup

 

Werry Yulianto, Export Manager dari karoseri Laksana, mengatakan, lebar dari lorong di kabin bus suites class yaitu 750 mm. Jika di hitung jarak antara kursi kanan dan kiri, kurang lebih bisa satu meter panjangnya.

“Jarak antar penumpang kanan dan kiri estimasinya bisa satu meter, sehingga cocok dengan kondisi saat ini yang mengharuskan adanya jarak fisik setiap orangnya,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Beredar Kabar Daihatsu Tengah Siapkan Calon Xenia Baru

Selain jumlah penumpang yang lebih sedikit, bus model suites class juga memiliki keunggulan pada kursinya yang bisa rebah 150 derajat. Tentunya model kursi seperti ini meningkatkan kenyamanan penumpang saat perjalanan jauh.

Setiap kursinya memiliki fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) yang bisa digunakan untuk menonton film ataupun mendengarkan lagu. Bus suites class juga bisa dilengkapi dengan tirai untuk menjaga privasi antar penumpangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.