Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Bus Suites Class Jadi Standar Era New Normal?

Kompas.com - 28/05/2020, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Model bus di Indonesia semakin beragam, salah satu yang menarik perhatian yaitu suites class. Model bus ini memiliki kabin dengan kursi rebah dengan jumlah kapasitas penumpang yang lebih sedikit dari bus pada biasanya.

Mengingat Indonesia sedang merencanakan aturan agar tetap bisa beraktivitas berdampingan dengan virus corona, mungkinkah bus dengan model suites class menjadi pilihan yang sesuai kondisi new normal dengan prinsip physical distancing?

Bus suites class seperti yang dipamerkan karoseri Laksana pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 hanya memiliki 21 kursi penumpang dengan model bertumpuk.

Baca juga: Arus Balik, Gerbang Tol Purwakarta Arah Jakarta Mulai Ditutup

 

Werry Yulianto, Export Manager dari karoseri Laksana, mengatakan, lebar dari lorong di kabin bus suites class yaitu 750 mm. Jika di hitung jarak antara kursi kanan dan kiri, kurang lebih bisa satu meter panjangnya.

“Jarak antar penumpang kanan dan kiri estimasinya bisa satu meter, sehingga cocok dengan kondisi saat ini yang mengharuskan adanya jarak fisik setiap orangnya,” kata Werry kepada Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Beredar Kabar Daihatsu Tengah Siapkan Calon Xenia Baru

Selain jumlah penumpang yang lebih sedikit, bus model suites class juga memiliki keunggulan pada kursinya yang bisa rebah 150 derajat. Tentunya model kursi seperti ini meningkatkan kenyamanan penumpang saat perjalanan jauh.

Setiap kursinya memiliki fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) yang bisa digunakan untuk menonton film ataupun mendengarkan lagu. Bus suites class juga bisa dilengkapi dengan tirai untuk menjaga privasi antar penumpangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com