Bahaya Bersihkan Karburator Menggunakan Bensin

Kompas.com - 27/04/2020, 18:22 WIB
Karburator tanpa filter udara Stanly/OtomaniaKarburator tanpa filter udara

JAKARTA, KOMPAS.com - Karburator yang banya digunakan pada sepeda motor model lama membutuhkan perawatan. Salah satu perawatannya adalah menjaga kebersihan karburator.

Karburator yang kotor biasanya akan memberikan dampak pada performa motor. Dampaknya bisa suara kasar yang dihasilkan atau tarikannya tersendat alias "brebet" saat digas.

Baca juga: Motor Matik dengan Sistem Karburator Masih Banyak Dicari Konsumen

Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, mengatakan, untuk membersihkan karburator dan injector sebaiknya gunakan cairan pembersih yang memang dikhususkan.

Cairan pembersih karburatorFoto: Istimewa Cairan pembersih karburator

"Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi getas dan mudah sobek," kata Tomy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tomy menambahkan, cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus, akan dapat pula membersihkan kerak di dalamnya.

Baca juga: Modifikasi Motor Karburator Jadi Injeksi Butuh Waktu Lama

"Biasanya pembersih karburator dan injector sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali," ujar Tomy.

"Kerak yang menempel di karburator dan throttle body langsung luntur," kata Aryanto, pemilik bengkel Zona Speed, yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi.

Selain itu, menurut Aryanto, menggunakan pelumas khusus pembersih karburator dapat lebih mudah menyingkirkan kerak yang membandel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.