Apa Hebatnya Motor Listrik Gesits Milik Jokowi yang Dibeli Putra Hary Tanoe?

Kompas.com - 25/05/2020, 16:46 WIB
Lelang skuter listrik Gesits bertanda tangan Presiden Jokowi terjual Rp 2,55 miliar Foto: IstimewaLelang skuter listrik Gesits bertanda tangan Presiden Jokowi terjual Rp 2,55 miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Gesits milik Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) belum lama ini sempat bikin heboh, lantaran menuai masalah saat pelelangannya.

Motor ramah lingkungan ini berhasil terjual seharga Rp 2,55 miliar, yang dimenangkan oleh Warren Tanoesoedibjo, putra Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Padahal, harga Gesits sebenarnya hanya Rp 24.950.000 (off the road). Spesifikasi dan fitur yang ada pada motor Jokowi juga tak ada bedanya dengan motor Gesits lainnya.

Baca juga: Bamsoet Usul Pembeli Gesits Rp 2,55 Miliar Bisa Test Ride di Istana

Di antara skuter listrik yang ada di Indonesia, bisa dibilang Gesits yang paling mirip dengan skuter matik ( skutik) Jepang. Jika banyak skuter listrik lainnya pakai ban ring 10, Gesits menggunakan ring 14.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Di bagian penerangan, Gesits menggunakan model proyektor untuk lampu depannya. Desainnya juga membuat motor seolah-olah jadi lebih agresif tampilannya.

Sedangkan lampu belakang, menyatu dengan lampu sein yang sedikit panjang. Lampu seperti ini sangat jarang ditemukan di skutik biasa.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Di bagian swingarm, terlihat sangat standar, bentuknya sama seperti yang digunakan pada motor bebek atau sport. Bentuknya hanya kotak, ditambah dengan rear hugger untuk menghalau cipratan lumpur atau genangan air saat motor melaju.

Baca juga: Bamsoet Pamer Skuter Listrik Gesits Berkelir Kuning di Garasi

Untuk fiturnya, Gesits tak kalah dengan motor pabrikan Jepang atau Eropa. Dimulai dari area setang, terdapat beberapa tombol dengan masing-masing fungsi.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Di sebelah kanan, ada tombol dengan lambang seperti electric starter pada motor biasa. Namun, untuk Gesits ini fungsinya lebih kepada tombol pengaman.

Jadi, saat motor dihidupkan, tuas gas tidak bisa langsung berfungsi. Penggunanya harus menekan tombol tersebut, baru tuas gas bisa berfungsi. Fitur ini berguna untuk mencegah anak kecil menarik tuas gas secara tidak sengaja.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X