Kendaraan Pemudik yang ke Jakarta Dicek SIKM, Ini Lokasinya

Kompas.com - 26/05/2020, 12:31 WIB
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIPetugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa warga yang ingin balik ke Jakarta wajib untuk membawa Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM).

Bagi yang tidak membawa persyaratan wajib tersebut, tidak diperbolehkan masuk ke Jakarta dan akan diarahkan untuk putar balik lagi ke daerah asalnya.

Untuk memastikan persyaratan tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya pun melakukan penyekatan di berbagai wilayah masuk ke Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, penyekatan kendaraan di arus balik ini tidak seperti saat arus mudik beberapa hari lalu.

Baca juga: Cara Mengoperasikan Transmisi Mobil Manual yang Benar untuk Pemula

Untuk arus balik, kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta sudah dilakukan penyekatan di sejumlah daerah.

Sejumlah kendaraan tengah mengantre di pos check point dan pemeriksaan SIKM DKI Jakarta di tol Japek kilometer 47 B, Minggu (25/5/2020).KOMPAS.COM/FARIDA Sejumlah kendaraan tengah mengantre di pos check point dan pemeriksaan SIKM DKI Jakarta di tol Japek kilometer 47 B, Minggu (25/5/2020).

“Penyekatan kendaraan memang dilakukan, tapi untuk arus balik ini yang dari Jawa sudah disekat di tol Jakarta Cikampek ( Japek) KM 47 dan itu masuk wilayahnya Polda jabar,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Yusri menambahkan, termasuk juga dari wilayah Tangerang di Cibitung juga masuk wilayah Polda Banten.

Sedangkan untuk wilayah penyekatan yang masuk wilayah Polda Metro Jaya adalah di daerah Kalimalang.

“Selain itu juga di jalan arteri di daerah Pantura yakni di Kedung Waringin, kalau yang dari tol semua diambil alih dari Polda Jabar dan Banten,” ucapnya.

Baca juga: Jangan Lupa Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Dipakai Jalan Jarak Jauh

Berbeda halnya saat penyekatan arus mudik, untuk penyekatan arus balik ini Polda Metro Jaya hanya melakukan pemeriksaan kendaraan sisa dari penyekatan yang sudah dilakukan oleh daerah sebelumnya.

“Penyekatan ini kan yang kemungkinan lolos saja, Polda inspeksi di Kalimalang saja itu pun kendaraan juga sudah diperiksa dari wilayah sebelumnya,” ujarnya.

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Meski begitu, untuk pemeriksaan kendaraan yang hendak masuk ke DKI Jakarta juga dipastikan kelengkapan persyaratannya yang utama adalah membawa SIKM.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan di DIY, Tak Perlu Datang ke Kota Asal

Bagi pengendara yang sudah sampai di pos penyekatan tetapi tidak mampu menunjukkan SIKM maka diminta untuk putar balik ke daerah asalnya.

“Kalau yang tidak membawa SIKM akan diminta untuk putar balik lagi ke daerah asalnya,”

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X