Pakai Aluminium di Motor Custom Lebih Mahal, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/05/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi Bodi Alumunium KOMPAS.com/GilangIlustrasi Bodi Alumunium
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor custom banyak berinovasi dalam hal detail. Salah satu yang cukup banyak dipakai ialah bahan aluminium baik untuk pengerjaan bodi hingga aksesoris.

Aluminium dianggap punya beberapa keunggulan ketimbang bahan metal lainnya. Salah satunya yaitu lebih ringan dan antikarat, alasan ini yang membuatnya cocok buat iklim Indonesia.

Baca juga: Catat, Ini Modifikasi Motor yang Justru Berbahaya

Meski demikian, buat yang tertarik menggunakan aluminium harus merogoh kocek lebih dalam. Seperti disebutkan Ari Supriyanto, penggawa Protechnic Motor, bengkel custom asal Rempoa, Tangerang Selatan.

Motor custom Honda CB400SF Cafe Racer garapan AMS GarageDok. Kustomfest Motor custom Honda CB400SF Cafe Racer garapan AMS Garage

"Sebab, bahan aluminium memang lebih mahal. Selain bahannya mahal, lasnya juga beda. Aluminium pakai las tik, bahan buat ngelasnya juga beda," kata Ari kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, kata Ari, cara pembuatannya juga berbeda. Sifat dasar aluminium tidak sekeras besi, sehingga saat pembentukan juga tidak bisa disamakan dengan material besi.

Baca juga: Tangkis Rantai Motor Berisik dengan Cara Ini

"Waktu proses pembuatannya juga beda dengan bahan besin. Sebab, aluminium itu tidak boleh asal digetok, bahan aluminium itu lebih lembek dari besi," kata Ari.

Meski lebih mahal karena bahan baku dan proses pembuatan yang lebih rumit, aluminium tetap digemari pencinta custom, lantaran selain lebih ringan motor tidak perlu dicat.

"Keunggulannya tidak berkarat, sehingga banyak yang tidak dicat (raw material) untuk menunjukkan bahannya. Tapi ada juga yang dicat, tergantung selera. Tapi pastinya lebih ringan," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X