Tangkis Rantai Motor Berisik dengan Cara Ini

Kompas.com - 23/05/2020, 13:22 WIB
Rantai sepeda motor. ShutterstockRantai sepeda motor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang pemilik sepeda motor menemukan masalah rantai sepeda motor mengeluarkan suara berisik, terutama saat musim hujan. Kondisi ini kalau dibiarkan, lama-lama bisa mengganggu kenyamaan berkendara.

Suara berisik pada rantai motor ini bisa muncul karena kotor, kering maupun kaki. Kondisi ini disebabkan rantai sering terkena genangan air atau debu lengket.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, untuk menghilangkan suara berisik dari rantai tidaklah sulit. Pemilik motor cukup membersihkannyal kemudian gunakan pelumas.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Langsung Overhaul Mesin, Berapa Biayanya?

Gunakan minyak pelumas rantai sebagai salah satu perawatan Gunakan minyak pelumas rantai sebagai salah satu perawatan

Pelumas pada rantai motor itu penting. Sebaiknya dilakukan setiap minggu jika kendaraan tersebut digunakan setiap hari, apalagi saat musim hujan,” ujar Endro kepada Kompas.com.

Jika kotoran tidak dibersihkan, maka yang terjadi adalah rusaknya rantai motor. Sebab, kotoran akan menggumpal.

Baca juga: Ingat Lagi Pentingnya Cek Radiator Mobil

Cara membersihkan rantai motor bisa dilakukan dengan melumasi rantai dengan pelumas khusus (chainlube). Jika rantai masih bunyi, itu menandakan bahwa perlu dilakukan penyetelan kembali karena kendur.

Hindari pengguanaan oli bekas atau gemuk untuk melumasi rantai, karena dapat mengundang kotoran semakin menempel pada rantai.

“Sebab, rantai juga menentukan usia pakai motor. Jadi penting untuk merawatnya,” kata Endro.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X