Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kelincahan Skuter Listrik Gesits di Jalan Raya

Kompas.com - 29/01/2020, 18:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara skuter listrik lainnya, Gesits yang paling mirip dimensinya dengan skutik-skutik bermesin bensin pada umumnya. Saat dibawa berkendara di jalan raya, skuter listrik ini juga tak kalah dengan skutik biasa.

Penguji dari tim Kompas.com mencoba merasakan bagaimana kemampuan motor ini saat dibawa di jalan raya. Rute yang akan digunakan adalah Palmerah menuju Depok, dengan kondisi jalan macet di beberapa titik. Jaraknya sendiri sekitar 22 km.

Baca juga: Fitur Skuter Listrik Gesits, Tak Kalah dengan Pabrikan Luar

Gesits menggunakan motor listrik Permanent Magnet Sunchronous Motor. Komponen tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 5 kW atau sekitar 6,7 tk dengan torsi mencapai 30 Nm.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Akselerasinya sendiri diklaim hanya membutuhkan lima detik untuk mencapai 50 kilometer per jam dari posisi diam. Sedangkan kecepatan maksimumnya, bisa tembus 70 kilometer per jam.

Performa yang dirasakan penguji kurang lebih sama seperti yang diklaim oleh pihak PT Gesits Technologies Indonesia. Namun, karena bobotnya yang mirip dengan skutik biasa, yakni 94,5 kg, terasa sedikit kurang responsif di tarikan awalnya.

Baca juga: Merasakan Posisi Berkendara Skuter Listrik Gesits yang Ergonomis

Gesits sendiri dibekali dengan tiga mode berkendara, antara lain Echo, Urban, dan Sport. Mode Echo, kecepatan maksimum hanya 25 kilometer per jam. Sedangkan mode Urban, mencapai 50 kilometer per jam. Lalu mode Sport, mencapai 70 kilometer per jam.

Namun, mode Sport tidak bisa digunakan secara terus menerus. Hanya bertahan selama beberapa detik, lalu kembali ke mode Urban. Meski demikian, fitur ini cukup berfungsi saat ingin menyalip kendaraan di depan.

Dimensinya yang mirip dengan skutik-skutik Jepang, membuat pengendaranya tidak perlu lama lagi beradaptasi saat di tengah kemacetan. Rasanya sama seperti mengendarai motor biasa, karena posisi berkendaranya juga tak jauh berbeda.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Tidak disebutkan berapa kapasitas atau spesifikasi baterai yang digunakan. Namun, satu baterai mampu menempuh jarak hingga 50 km dalam kondisi penuh.

Dari perjalanan penguji tim Kompas.com dengan rute Palmerah menuju Depok sejauh kurang lebih 22 km, menghabiskan kapasitas baterai sekitar 40 persen.

Meski demikian, jangan khawatir akan kehabisan daya listrik di perjalanan. Sebab, Gesits juga memiliki dua slot baterai di bawah bagasinya. Untuk baterai kedua, dikabarkan akan dijual terpisah, tidak termasuk saat pembelian motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com