Antisipasi Kendaraan Pemudik, Jalan Masuk ke Yogyakarta Diperketat

Kompas.com - 22/05/2020, 08:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Ditlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin memperketat pos-pos check point, di tiga wilayah perbatasan, yakni Prambanan, Kulonprogo dan Tempel.

Langkah ini sebagai antisipasi adanya pemudik yang nekat masuk ke wilayah DIY tanpa adanya surat keterangan yang berlaku.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, H-3 terlihat adanya peningkatan jumlah kendaraan yang masuk wilayah Jawa Tengah.

Kendaraan tersebut didominasi dari luar daerah hal ini diketahui dari plat nomor kendaraan tersebut.

Baca juga: Saat Penerapan New Normal, Kota Bogor Tak Akan Longgarkan Aturan PSBB

“Mengacu pada peraturan Operasi Ketupat Progo 2020 salah satunya adalah aturan dilarang mudik untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, maka digalakkan adanya penyekatan kendaraan di daerah perbatasan,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota  melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat,  Selasa (23/5/2019) malam.KOMPAS.com/BUDIYANTO Sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (23/5/2019) malam.

Selain di jalur utama yang menjadi banyak dilalui oleh para pemudik, I Made Agus menambahkan, pengetatan pengawasan juga dilakukan di jalur-jalur alternatif yang selama ini banyak digunakan para pemudik.

"H-3 Lebaran, Ditlantas Polda DIY memperketat pintu pintu masuk dan jalan tikus di perbatasan Yogyakarta, sehingga kendaraan yang akan masuk ke wilayah Yogyakarta tetap terpantau," ujarnya.

Dirlantas juga mengatakan, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Progo yang sudah berlangsung selama 25 hari ini tercatat ada 16.626 kendaraan berplat nomor luar daerah.

Baca juga: Viral Video Kondisi di Pasar Anyar Macet, Ini Jawaban Wakil Wali Kota Bogor

“Dan dilakukan pemeriksaan, dari jumlah tersebut ada 635 kendaraan yang dipaksa putar balik,” tuturnya.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat, para pengendara tersebut tidak membawa surat keterangan yang diperbolehkan dalam aturan larangan mudik.

Petugas Dishub melakukan mengecek suhu tubuh pengendara mobil yang masuk ke Palangkaraya di Jalur Trans Kalimantan Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (30/4). Makna Zaezar/Antara Petugas Dishub melakukan mengecek suhu tubuh pengendara mobil yang masuk ke Palangkaraya di Jalur Trans Kalimantan Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (30/4).

"Mereka yang diharuskan putar balik, karena tidak bisa menunjukkan persyaratan perjalanan. Antara lain ada surat perintah melaksanakan tugas dari atasan,” katanya.

Selain itu, tambah Dirlantas juga , surat bermaterai yang diketahui lurah setempat, menjelaskan detail rencana perjalanan serta surat bebas Covid-19 serta tidak dapat menunjukkan KTP.

Baca juga: Pengguna Kendaraan yang Mudik ke Jawa Timur Langsung Dites Kesehatan

“Pada Operasi Ketupat Progo 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini, para petugas Polantas tidak hanya memperketat pintu masuk Yogyakarta, tetapi juga gencar memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat luas untuk tetap menerapkan aturan protokol penanganan Covid-19,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.