Jangan Tergesa-gesa, Pahami Bahaya Naik Motor saat Kondisi Gerimis

Kompas.com - 19/05/2020, 18:54 WIB
Ilustrasi motor kehujanan Astra MotorIlustrasi motor kehujanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca yang tidak mementu seperti ini saat ini yang tiba-tiba hujan atau panas, membuat para pengguna jalan harus selalu bersiap dengan kemungkinan yang ada, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Ketika hujan tiba-tiba mulai turun, banyak pengendara motor yang melakukan kesalahan saat hujan turun.

Tidak sedikit dari mereka yang justru menjadi tergesa-gesa mencari tempat berteduh. Padahal, sepuluh menit pertama hujan turun justru waktu yang berbahaya.

Head of Safety Riding Promotion, Agus Sani, mengatakan, dalam sepuluh menit pertama adalah proses di mana tanah dan debu terurai dengan air dan terbawa ke pinggir.

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Mudah Deteksi Ban Baru

Pengendara motor berteduh di bawah jembatan di kawasan Slipi, Jakarta, Jumat (14/11/2014). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hingga malam hari. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESRODERICK ADRIAN MOZES Pengendara motor berteduh di bawah jembatan di kawasan Slipi, Jakarta, Jumat (14/11/2014). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hingga malam hari. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

“Sebelum hujan itu, jalanan masih penuh dengan debu, pasir, dan tanah. Jadi, dalam sepuluh menit pertama itu adalah proses di mana tanah dan pasir masih dalam proses terurai atau menjadi lumpur. Sehingga sangat licin untuk dilewati,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com.

Agus menambahkan, baru sepuluh menit berikutnya tanah dan pasir akan tergeser ke pinggir. Namun, hal ini juga tergantung dengan intensitas hujannya.

Baca juga: Belum Banyak yang Paham, Ini Fungsi Lapisan Lilin pada Ban Baru

“Jika prosesnya mulai dari gerimis, maka sepuluh menit pertama itu yang cukup krusial. Kalau hujannya deras, tentu tidak akan sampai sepuluh menit,” katanya.

Agus menyarankan, pengendara motor harus memiliki perhitungan ketika akan berkendara. Mulai dari kondisi motornya, kondisi fisik pengemudi, hingga perlengkapan lain, termasuk jas hujan.

“Ketika dirasa sudah gerimis sebaiknya pengemudi langsung menepi dan berteduh di tempat yang aman, seperti halte. Pun jika ingin melanjutkan perjalanan, gunakan jas hujan dengan model yang aman alias two piece karena dinilai lebih aman,” lanjutnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X