Mitos atau Fakta, Knalpot Mobil Keluar Air Tandanya Mesin Sehat?

Kompas.com - 18/05/2020, 17:41 WIB
Knalpot Isuzu Panther modifikasi GridOto.comKnalpot Isuzu Panther modifikasi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum saat jual beli mobil bekas, penjual banyak menjabarkan mengenai kondisi mobil, terutama dari sisi mesin dan bodi.

Keistimewaan dapur pacu pada mobil lawas bisa menjadi nilai lebih yang bisa menarik konsumen untuk membelinya.

Selain dari kebersihan bagian mesin, suara mesin saat dihidupkan yang juga menjadi andalan adalah air yang keluar dari knalpot mobil.

Air yang keluar dari saluran pembuangan sisa pembakaran mobil ini dipercaya menjadi salah satu tanda bahwa kondisi mesin sehat dan tidak bermasalah.

Baca juga: Knalpot Mobil Keluar Asap di Pagi Hari, Normal atau Tidak?

Menanggapi hal tersebut, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi membenarkan anggapan tersebut.

Bahwa air yang menetes dari lubang knalpot saat mesin mobil dipanaskan pagi hari menjadi salah satu ciri bahwa mobil dalam kondisi sehat.

Ilustrasi knalpot keluar tetesan air.reference.com Ilustrasi knalpot keluar tetesan air.

“Itu bisa menjadi salah satu tanda jika mesin mobilnya masih bagus,” kata Didi kepada Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Didi juga mengatakan, jika mesin sehat dan gas buangnya bagus dan masih ada (sisa pembakaran) yang di dalam knalpot akan mengembun karena pendinginan alami oleh suhu udara luar.

"Itu terjadi karena adanya proses penguapan atau kondensasi saat mobil terparkir lama saat malam hari," ucapnya.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 20 Jutaan, Dapat Starlet sampai Accord

Kondensasi tersebut terjadi di dalam pipa knalpot, karena materialnya terbuat dari bahan besi. Saat mobil diparkir lama semalaman akan terjadi proses pengembunan di dalam knalpot.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X