Ini Alasan Toyota Gencar Pasarkan Kijang Innova Model Ambulans

Kompas.com - 16/05/2020, 13:42 WIB
Kijang Innova Ambulan Foto: IstimewaKijang Innova Ambulan
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini Toyota Indonesia mendonasikan sebanyak lima unit Kijang Innova yang telah dikonversi menjadi ambulans oleh salah satu supply chain Toyota. Hal ini ditujukan untuk mendukung mobilitas tenaga medis, khususnya dalam penanganan Covid-19.

Padahal bila melihat fungsinya, Kijang Innova bukan model yang lazim dipakai sebagai ambulans. Toyota masih memiliki Hiace, model MPV kotak yang lebih layak untuk digunakan tenaga medis dalam melaksanakan tugasnya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, dikenalkannya Kijang Innova model ambulans merupakan bagian dari persiapan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dan pemerintah.

Baca juga: Mobil Matik Mogok Saat PSBB, Perhatikan Cara Dorong yang Benar

Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19Motor1.com Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19

“Kalau Hiace produk impor dan harganya di atas Rp 500 jutaan, kalau Innova produksi lokal dan harga dasarnya sekitar Rp 300 jutaan, jadi lebih murah serta jadi solusi untuk saat ini,” ujar Anton, dalam diskusi daring (15/5/2020).

Selain itu, karena sudah diproduksi di dalam negeri, Toyota jadi lebih percaya diri saat menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak.

Sementara Hiace yang masih didatangkan secara utuh dari Jepang, jumlah pesanannya mungkin tidak bisa sebanyak Kijang Innova.

Baca juga: Mau ke Jakarta, Warga Luar Jabodetabek Wajib Urus Izin Masuk

Toyota mendonasikan Kijang Innova untuk tangani Covid-19TMMIN Toyota mendonasikan Kijang Innova untuk tangani Covid-19

Belum lagi operasional ambulans yang biasa masuk daerah terpencil, Kijang Innova dinilai lebih siap melewati berbagai medan jalan di Tanah Air.

“Hiace secara peralatan memang bisa lebih lengkap. Tapi buat konsumen yang butuh ambulans biasa, bisa pilih Kijang Innova,” kata Anton.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X