Daihatsu Klaim Pangsa Pasar Tumbuh Saat PSBB

Kompas.com - 14/05/2020, 17:01 WIB
Tampang Daihatsu Sigra facelift mulai terkuak Facebook.com/Rinaldi JordanTampang Daihatsu Sigra facelift mulai terkuak
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar otomotif di Indonesia mengalami penurunan drastis imbas pandemi corona ( Covid-19).

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi salah satu agen pemegang merek (APM) yang ikut merasakan penurunan volume secara nasional.

Namun demikian, selama empat bulan diklaim penjualannya justru mengalami kenaikan pangsa pasar.

Sepanjang Januari hingga April 2020, penjualan retail Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan kenaikan market share 18,2 persen dari volume retail nasional 243.634 unit.

Sementara untuk wholesales, Daihatsu berhasil mencapai 49.443 unit atau naik 20,2 persen dari volume nasional 244.762 unit.

Baca juga: Begini Aturan Bawa Penumpang Mobil Saat Mudik Lokal di Jabodetabek

Berdasarkan data, selama empat bulan, penjualan Daihatsu didominasi tiga produk andalannya. Posisi pertama ditempati Sigra dengan kontribusi 12.868 unit atau 29 persen., Gran Max pikap 8.805 unit atau 19.9 persen, dan Terios sebanyak 7.131 untit atau menyumbang 16,1 persen.

Daihatsu Gran Max Pikap Daihatsu Gran Max Pikap

Posisi keempat ditempati Ayla dengan jumlah 5.332 unit, Xenia 5.092 unit atau 11,1 persen, Gran Max minibus 3.911 atau berkontribus 8,8 persen. Sedangkan Sirion dan Luxio mencapai 1.207 unit, atau berkontribusi 2,9 persen pada penjualan Daihatsu.

Sampai dengan saat ini, Daihatsu terus menerapkan peraturan pemerintah tentang PSBB dengan menghentikan produksi sementara di pabrik.

Dalam hal pelayanan, outlet dan bengkel resmi di Jakarta dan wilayah yang menerapkan PSBB juga memberhentikan sementara operasionalnya.

Baca juga: Daihatsu Ubah Xenia Jadi Kendaraan Swab Test Covid-19

Kendati demikian, pelanggan masih dapat tetap mengakses layanan Daihatsu via online melalui situs resmi dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

"Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya, Kamis (14/5/2020)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X