Mobil Murah Terpaksa Minum BBM Premium, Wajib Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 13/05/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi tes LCGC Datsun Jakarta-Subang Otomania/Setyo AdiIlustrasi tes LCGC Datsun Jakarta-Subang

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil murah atau low cost green car ( LCGC), disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak atau BBM dengan oktan minimal 92. Tujuannya, agar perfoma mesin menjadi lebih optimal dan tidak mengalami masalah dalam waktu panjang.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa pada praktiknya masih banyak pemilik mobil murah yang tetap mengonsumsi BBM Premium dan Pertalite. Alasannya, karena harga BBM jenis itu lebih murah ketimbang Pertamax dan sejenisnya.

Konsekuensi bagi mobil murah yang masih mengonsumsi BBM beroktan rendah seperti Premium 88, dan Pertalite 90 adalah permasalahan pada sistem pembakaran mesin.

Baca juga: Pahami Pentingnya Fungsi Filter Udara pada Sepeda Motor

Service Head Auto2000, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, pembakaran pada meisn menjadi kurang maksimal, dan jangka panjangnya bisa timbul kerak karbon yang lebih banyak, sehingga akan membuat mesin menjadi ngelitik (knocking) dan boros BBM.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Lantas, bagi mereka yang masih nekat menggunakan BBM Premium dan Pertalite, menurut Sapta, harus rajin melakukan perawatan.

Baca juga: Sederet Aksi Sosial Pebalap MotoGP Bantu Perangi Covid-19

“Tujuannya agar bisa tetap menjaga perfoma kendaraan mereka. Pasalnya BBM tersebut punya efek yang kurang bagus bagi mesin mobil,” katanya.

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu perawatan secara berkala dan tidak menunda-nunda. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya gejala-gejala negatif yang bakal dirasakan.

“Merutinkan servis berkala, bisa menjadi tindakan preventif. Kita juga bisa melihat riwayat kendaraannya sendiri,” kata Sapta.

Selanjutnya, disarankan untuk menggunakan suku cadang asli buat memastikan kualitas komponennya. Hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengganti BBM dengan jenis Pertamax.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X