Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2020, 14:50 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Dorna Sport optimistis seri perdana MotoGP 2020 akan bisa digelar Juli 2020. Tapi total seri tahun ini menyusut, paling banyak hanya 12 seri dari sebelumnya 19 seri.

Sampai saat ini baru empat negara yang rencananya bisa menggelar balapan, yaitu Spanyol, Ceko, Austria dan Italia. Meski juga diusahakan beberapa negara lain yaitu Jepang, Malaysia dan Qatar.

Baca juga: Tim Balap Diberi Sehari Sesi Tes Jelang Seri Pertama MotoGP 2020

Meski rencananya bisa menggelar 12 seri, saat ini baru bisa dijalankan sebanyak 10 seri. Sebagian besar di Spanyol dengan jumlah tujuh seri. Jerez dua kali, Aragon dua kali, Valencia dua kali, dan Barcelona sekali.

Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez leads the race after the start of the MotoGP race of the Spanish Grand Prix at the Jerez - Angel Nieto circuit in Jerez de la Frontera on May 5, 2019. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)JORGE GUERRERO Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez leads the race after the start of the MotoGP race of the Spanish Grand Prix at the Jerez - Angel Nieto circuit in Jerez de la Frontera on May 5, 2019. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)

Sisanya yaitu tiga seri masing-masing akan digelar di Sirkuit Brno Ceko, Red Bull Ring Austria, dan Misano Italia.

Seri pertama rencananya berlangsung di Jerez pada 17-19 Juli. Lalu, dilanjut seri kedua di pekan berikutnya, 24-26 Juli.

Meski demikian, tanggal tersebut masih bergantung dengan status lockdown di Spanyol. Tapi, kedua belah pihak sudah setuju untuk menggelar dua seri pada satu sirkuit.

Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGPMonster Energy Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGP

"Begitu izin dari pemerintah Spanyol sudah diberikan, penyelenggaraan ini akan diajukan ke FIM untuk dimasukkan ke dalam kalender. Seri pertama akan diberi nama Grand Prix of Spanish dan seri kedua Grand Prix of Andalusia," tulis MotoGP, dalam pernyataan resminya.

Balapan tersebut juga dipastikan digelar tertutup, alias tanpa penonton, hanya karyawan yang benar-benar berkepentingan yang ada di paddock. Semuanya juga akan dites virus corona secara rutin.

Tapi, belum jelas langkah-langkah apa yang akan diperlukan untuk anggota paddock yang berasal dari luar Eropa agar diberikan izin untuk masuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com