Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Pencurian di SPBU, Isi Bensin Jangan Lupa Kunci Pintu Mobil

Kompas.com - 01/05/2020, 03:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAksi pencurian biasanya terjadi saat Anda sedang lengah dan tidak waspada dengan kondisi di sekitar. Kondisi ini dapat menimpa siapa saja, termasuk pengendara mobil.

Salah satunya seperti yang terekam dalam unggahan akun Instagram @seputarcinere, di sana terlihat pencuri yang mengambil barang dari dalam mobil Honda CR-V warna silver.

Digambarkan pemilik mobil tengah berhenti di salah satu dispenser SPBU Pertamina di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, sekitar Maret 2020.

Baca juga: Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selalu waspada yaa warga seputar cinere #cinere #seputarcinere

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Cinere (@seputarcinere) pada 30 Apr 2020 jam 12:25 PDT

Tanpa sadar gerak-geriknya sudah dipantau seseorang yang sepertinya sudah lebih dulu hadir di SPBU tersebut. Lalu pemilik CR-V keluar dari mobil dan segera menemui operator BBM.

Dengan cepat pencuri yang dari tadi sudah memperhatikan, segera mengambil barang di dalam mobil, dan melarikan diri bersama rekannya yang menunggu di atas motor.

Training Director The Read Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, menanggapi kejadian ini.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Manual

Ilustrasi pencurian mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pencurian mobil.
 

Menurutnya, pemilik kendaraan jangan sekali-kali meninggalkan mobil dalam keadaan tidak terkunci, walau hanya sebentar. Pasalnya tindak kejahatan terjadi karena ada kesempatan.

“Agar bisa terhindar dari kejahatan seperti di video, selalu pastikan saat keluar kendaraan wajib untuk mengunci pintu kendaraan,” ujar Marcell, kepada Kompas.com (30/4/2020).

Senada dengan hal tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, mengunci mobil saat mengisi BBM di SPBU jadi langkah antisipasi mencegah pencurian.

Baca juga: Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

SPBU PertaminaKOMPAS.com/istimewa SPBU Pertamina

“Prinsipnya jangan pernah merasa aman, sekalipun lokasinya terang, ramai, dan berada di tempat umum,” ucap Sony, saat dihubungi dalam kesempatan yang sama.

Lokasi kejadian SPBU tersebut relatif dekat dengan Polsek Cinere, meskipun tak menghalangi niat pencuri untuk melakukan kejahatan.

“Lihat dan selalu kontrol lingkungan di sekitar kendaraan setiap saat, waspada hal-hal yang mungkin terjadi. Tidak hanya pencurian, tapi juga kebakaran,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com