Begini Cara Mudah Cegah Bensin Basi di Tangki Motor Saat PSBB

Kompas.com - 06/05/2020, 09:12 WIB
Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) membuat pemakaian kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor menurun di sejumlah wilayah Indonesia.

Buat yang mengikuti anjuran pemerintah, yakni menjaga diri diam di rumah bukan berarti motor lepas dari tanggu jawab, sebab roda dua tetap harus dirawat agar kondisinya prima.

Salah satu cara merawat motor saat PSBB yaitu mengecek kualitas bensin. Jangan sampai bensin di tangki basi terjadi karena terlalu lama mengendap di dalam tangki. 

Baca juga: Bensin Basi Bikin Fuel Pump Bermasalah, Ini Ciri-cirinya

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS, Cibinong dan Megamendung, mengatakan bensin basi bisa terjadi di sepeda motor, tapi tidak instan, cara menangkalnya cukup mudah.

Batas isi bensin motorKompas.com/Fathan Radityasani Batas isi bensin motor

"Isi bahan bakar penuh, dan jangan biarkan mengendap di tangki terlalu lama. Caranya yaitu usahakan panaskan motor setiap hari, minimal bensin di tanki bisa terkonsumsi oleh kendaraan," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain soal bensin basi, dianjurkan isi bensin penuh supaya tangki tidak mudah berkarat. Tangki kosong dan banyak udara akan mengalami kondensasi atau pengembunan.

Air merupakan salah satu faktor yang membuat kimiawi bensin berubah, serta tangki jadi berkarat, yang mana partikel karat bisa ikut bercampur dengan bensin.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Bensin yang Berbeda Oktan?

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

"Salah satu timbul karat di dalam tangki karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dan karena penyimpanan bahan bakar di dalam tangki tidak seimbang dengan penggunaan motor," katanya.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, menambahkan, untuk itu cara mencegah bensin basi ialah mengisi bensin penuh atau sebaliknya dikosongkan.

"Oleh karenanya, tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh ketika kendaraan ditinggalkan lama. Atau sebaliknya, dikosongkan," katanya kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X