Ini Skutik Bekas yang Laris di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/05/2020, 15:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor bekas merupakan salah satu sektor yang terpukul pandemi Covid-19. Mengakibatkan pedagang motor seken memilih untung sedikit ketimbang tidak laku.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor, di Jakarta, mengatakan, menjual dengan harga miring agar motor lekas terjual ketimbang lama mengendap di diler.

Baca juga: Daftar Harga Skutik Bongsor Jelang Lebaran

"Kita pakai online juga, jual harga miring. Seperti kemarin itu kebetulan Yamaha Xmax, ada lebih sedikit ya sudah jual saja. Motornya juga kelewat gede, disimpan juga makan tempat," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Yosia mengatakan beberapa model yang bisa cepat terjual, yaitu skutik yang harganya cukup terjangkau. Sehingga mayoritas ialah skutik-skutik entry level.

Yamaha NMAX di IIMS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha NMAX di IIMS 2017.

"Skutik yang cepat laku biasanya keluaran Honda, seperti BeAT CBS, Vario 125, dan Vario 150," katanya.

Baca juga: Harga Motor Bebek Honda Super Cub C125 Tembus Rp 72 Jutaan

Selain harga katanya, desain juga berpengaruh. Wira Gunawan, dari diler Wira Mandiri Motor di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, tak hanya Honda, tapi skutik bekas Yamaha juga masih banyak dicari.

"Nmax masih banyak yang cari bekasnya, mungkin karena lebih terjangkau dibanding harga barunya. Untuk tahun 2018, pasarannya masih Rp 22 jutaan," kata Wira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.