Kompas.com - 04/05/2020, 14:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan bakar atau bensin mengalami penguapan di dalam tangki bahan bakar pada mobil, dapat menyebabkan perubahan kualitas dan menimbulkan pengendapan. Kondisi tersebut lebih dikenal dengan istilah bensin basi.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, jika sudah terjadi yang namanya bensin basi, sebaiknya tangki dikuras.

Baca juga: Tanda-tanda Bensin di Dalam Tangki Sudah Basi

Namun, sebagian orang mungkin kesulitan untuk membawa mobil tersebut ke bengkel atau memiliki dana terbatas untuk menyewa mobil derek. Untuk itu, pengurasan tangki juga bisa dilakukan sendiri.

Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfix

"Namun, sekarang tangki bensin tidak ada untuk menguras. Jadi, harus dihisap atau disedot menggunakan selang yang panjang, tapi diameternya kecil," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, jika punya kemampuan dan peralatannya, bisa saja menguras sendiri.

Baca juga: Mobil Parkir Lama, Jangan Biarkan Bensin Basi

"Namun, karena ini berhubungan dengan cairan yang mudah terbakar, sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional," kata Bambang.

Untuk mencegah terjadinya bensin basi, sebaiknya tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh ketika kendaraan ditinggalkan lama. Atau sebaliknya, dikosongkan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.