Pengemudi Perempuan Lebih Aman Isi Bensin dari Dalam Mobil

Kompas.com - 02/05/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi berkendara di bulan puasa AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINEIlustrasi berkendara di bulan puasa
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ramai video soal pencurian barang di mobil yang sedang mengisi Bahan Bakar Mingak (BBM). Dari video CCTV terlihat, sang pemilik kurang waspada dengan tidak mengunci pintu.

Alhasil saat menghampiri operator SPBU, pencuri datang dari arah yang berlawanan, dan mengambil barang-barang di mobil.

Menyikapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, jika saat ini sejumlah SPBU memiliki skema pelayanan berbeda.

Baca juga: Ada Risikonya, Perhatikan Hal Ini Saat Isi Bensin Tanpa Keluar Mobil

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selalu waspada yaa warga seputar cinere #cinere #seputarcinere

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Cinere (@seputarcinere) pada 30 Apr 2020 jam 12:25 PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi SPBU yang dilayani operator, ada baiknya pengemudi cukup membuka kaca dan tetap di dalam mobil, khususnya untuk pengemudi wanita.

“Jadi potensi kejahatan tetap ada, meski kita mau mengisi bensin dari dalam atau keluar. Karena penjahat pasti sudah memperhatikan mobil dan tahu kapan harus melakukan kejahatan,” ucap Sony, dalam konferensi video, Jumat (1/5/2020).

Sony menambahkan, pengemudi yang waspada akan memperhatikan kondisi di sekitar saat mengisi BBM. Cara ini dilakukan untuk menghindari pencurian maupun risiko kebakaran.

Baca juga: Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

“Kalau disuruh pilih turun atau di dalam mobil, saya pilih turun. Tapi kalau pengemudi wanita, lebih baik tidak keluar,” ucap Sony.

“Karena momen pencuri cuma sekitar 1 menit, kalau lewat kansnya hilang. Yang penting tetap kunci pintu mobil, karena ada merek yang saat mesin mati otomatis kunci terbuka,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.