Kamus MotoGP dan Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Balap

Kompas.com - 30/04/2020, 15:39 WIB
Semua pabrikan diyakini akan mencoba perangkat aerodinamika seperti punya Ducati. motogp.comSemua pabrikan diyakini akan mencoba perangkat aerodinamika seperti punya Ducati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia balap banyak menggunakan istilah-istilah yang memiliki arti khusus. Termasuk juga di ajang balap tingkat dunia, seperti MotoGP.

Sering kali di dalam artikel MotoGP menggunakan istilah-istilah, seperti overtake, high side, chicane, dan lainnya.

Penggunaan istilah ini bertujuan untuk memudahkan pengucapan atau penulisan yang terkait dengan MotoGP.

Baca juga: Memori Rossi Menyalip 21 Pebalap di MotoGP Valencia 2015

Ada cukup banyak sebenarnya istilah yang digunakan. Beberapa kata pun juga digunakan di ajang balap lainnya. Berikut ini istilah-istilah yang banyak digunakan di MotoGP:

Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

- Apex : Istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, di mana pebalap biasanya sudah bersiap untuk kembali menarik tuas gas untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.

- Braking Marker/Braking Point : Titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Biasanya, pebalap menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

- Chicane : Bagian trek di mana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kalau dilihat dari helicopter cam atau dari atas, tikungan ini akan berbentuk seperti huruf "S".

- Compounds : Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

- Curbstones : Biasa juga disebut dengan Kerb, yakni batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna. Normalnya dua warna, yakni warna merah dan putih. Kerb berguna untuk membantu memandu pebalap.

Fungsi lainnya adalah untuk membantu pebalap menghidupkan kembali motornya. Saat terjatuh tetapi motor masih layak untuk melanjutkan balapan, maka curbstones juga dapat digunakan untuk membantu pebalap melakukan jump start, karena permukaannya yang bergerigi lebih mencengkram ban belakang dan memudahkan mesin menyala.

Baca juga: Evolusi Kamera On Board pada Motor Balap MotoGP

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber MotoGP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X