Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memori Rossi Menyalip 21 Pebalap di MotoGP Valencia 2015

Kompas.com - 29/04/2020, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepertinya belum ada yang bisa melupakan persaingan keras Valentino Rossi dengan Marc Marquez di musim 2015. Bermula dari insiden di sirkuit Sepang, Malaysia, di mana Marquez dibuat tersungkur oleh Rossi.

Sedikit mengingat kembali, saat itu Rossi sedang bersaing ketat memperebutkan gelar juara dunia dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Namun, Rossi merasa Marquez dengan sengaja mempersulit dirinya saat balapan di Sepang.

Baca juga: Catalunya 2009, Diakui Sebagai Balapan Paling Seru di Era MotoGP

Rossi akhirnya membuat Marquez terpepet saat di tikungan. Keduanya bersenggolan dan Marquez terjatuh hingga tidak bisa melanjutkan balapan. Insiden ini bahkan terkenal dengan sebutan Sepang Clash.

Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015MotoGP Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015

Race Direction akhirnya menjatuhkan penalti pada Rossi dengan hukuman start dari urutan paling belakang saat seri terakhir di Valencia, Spanyol. Tepatnya, Rossi start dari urutan ke-25.

Meski mustahil untuk bisa meraih kemenangan atau sekadar naik podium, tapi Rossi tak menyerah. Selepas start, Rossi langsung naik ke posisi ke-18.

Memasuki lap kedua, Rossi sudah berada di urutan ke-15. Di lap berikutnya, Rossi naik ke posisi ke-12. Lalu, pada lap ke-6, Rossi sudah mengamankan posisi ke-8. Lap ke-10, pebalap asal Italia tersebut sudah berada di urutan ke-6.

Baca juga: Ingat Momen Marc Marquez Start Paling Belakang Kemudian Juara

Dua lap berikutnya, Rossi naik ke posisi ke-5. Lalu, lap berikutnya lagi, pebalap yang dijuluki The Doctor tersebut berhasil menyalip Andrea Dovizioso untuk naik ke posiso ke-4.

Hingga lewati garis finis, di mana balapan masih tersisa 13 lap, Rossi tidak mendapat tekanan dari rival yang ada di belakangnya. Namun, terlalu jauh juga jarak untuk mengejar barisan terdepan, yang diisi oleh Lorenzo, Marquez, dan Pedrosa.

Seri terakhir MotoGP 2015 ini juga menjadi balapan yang tak terlupakan. Total 21 pebalap yang berhasil Rossi lewati hanya dalam beberapa lap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com