Jasa Pengiriman Motor Pakai Kereta Turun Drastis Pasca Larangan Mudik

Kompas.com - 30/04/2020, 12:25 WIB
Sejumlah sepeda motor yang akan dikirim para pemudik dengan menggunakan kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Pengiriman motor ke daerah meningkat hingga dua kali lipat menjelang arus mudik dan Hari Raya Idulfitri 2018 KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISejumlah sepeda motor yang akan dikirim para pemudik dengan menggunakan kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Pengiriman motor ke daerah meningkat hingga dua kali lipat menjelang arus mudik dan Hari Raya Idulfitri 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa pengiriman sepeda motor melalui kereta api mengalami penurunan drastis imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Bahkan keadaannya kini diperparah dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah dan larangan mudik Lebaran yang resmi berlaku sejak Jumat (24/4/2020) lalu.

"Sulit sekarang. Kalau bicara rata-rata, mungkin 50 persen lebih turunnya dibanding keadaan normal," kata Ida, salah satu petugas Cargonesia Express saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Ini Cara Dapat Izin Mudik untuk Para Pengguna Kendaraan

Jelang musim mudik, jasa pengiriman motor mulai banyak diminati.Jessi Carina Jelang musim mudik, jasa pengiriman motor mulai banyak diminati.

Padahal, menurut Ida, tahun lalu bisnis pengiriman sepeda motor sedang bagus atau mengalami pertumbuhan. Hal ini seiring dengan kenaikkan infrastruktur khususnya tol.

"Biasanya juga sebelum puasa itu sudah banyak yang kirim (motor) ke kampung. Rata-rata 50 unit tiap hari, sekarang paling 10-15 unit," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga dialami Eka dari salah satu jasa pengiriman motor di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

"Sepi, kereta juga sepertinya ada pembatasan operasional karena sepi juga dia. Tapi kita masih terima, kalau sulit dan buru-buru kita alihkan menggunakan towing. Namun ya lebih mahal," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.