Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Pengiriman Motor Pakai Kereta Turun Drastis Pasca Larangan Mudik

Kompas.com - 30/04/2020, 12:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa pengiriman sepeda motor melalui kereta api mengalami penurunan drastis imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Bahkan keadaannya kini diperparah dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah dan larangan mudik Lebaran yang resmi berlaku sejak Jumat (24/4/2020) lalu.

"Sulit sekarang. Kalau bicara rata-rata, mungkin 50 persen lebih turunnya dibanding keadaan normal," kata Ida, salah satu petugas Cargonesia Express saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Ini Cara Dapat Izin Mudik untuk Para Pengguna Kendaraan

Jelang musim mudik, jasa pengiriman motor mulai banyak diminati.Jessi Carina Jelang musim mudik, jasa pengiriman motor mulai banyak diminati.

Padahal, menurut Ida, tahun lalu bisnis pengiriman sepeda motor sedang bagus atau mengalami pertumbuhan. Hal ini seiring dengan kenaikkan infrastruktur khususnya tol.

"Biasanya juga sebelum puasa itu sudah banyak yang kirim (motor) ke kampung. Rata-rata 50 unit tiap hari, sekarang paling 10-15 unit," ujar dia.

Hal serupa juga dialami Eka dari salah satu jasa pengiriman motor di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

"Sepi, kereta juga sepertinya ada pembatasan operasional karena sepi juga dia. Tapi kita masih terima, kalau sulit dan buru-buru kita alihkan menggunakan towing. Namun ya lebih mahal," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com