Evolusi Kamera On Board pada Motor Balap MotoGP

Kompas.com - 27/04/2020, 09:42 WIB
Evolusi Kamera On Board MotoGP MotoGPEvolusi Kamera On Board MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggara ajang balap MotoGP tak hanya menyajikan balapan, tapi juga ingin memberikan sensasi berbeda. Salah satunya adalah dengan menggunakan kamera yang dipasang di motor atau disebut kamera on board.

Kamera ini biasanya ditempatkan di speedometer mengarah ke pebalap, fairing depan, buritan, dan beberapa bagian tambahan lainnya.

Baca juga: Tikungan ke-13 Sirkuit Jerez, Saksi Bisu Overtake Bersejarah di MotoGP

Kamera on board ini juga dapat ditemukan di ajang balap lainnya. Namun, jika dilihat sejarahnya, MotoGP merupakan ajang balap pertama yang menggunakan kamera on board, tepatnya pada 1985.

Evolusi Kamera On Board MotoGPMotoGP Evolusi Kamera On Board MotoGP

Dikutip dari MotoGP.com, sebagai proyek percobaan, kamera on board ini digunakan pertama kali pada motor Honda NS500 milik Randy Mamola. Kamera tersebut diletakkan di bagian buritan.

Berbeda dengan kamera sekarang yang ukurannya kecil dan ringan. Kamera on board pertama yang digunakan dimensinya cukup besar dan cukup berat, mencapai 1,3 kg.

Baca juga: Mengenal Clinica Mobile, Pertolongan Pertama Pebalap MotoGP

"Cukup memberikan pengaruh pada gaya balap saya waktu itu, karena motor jadi lebih berat," kata Randy, dikutip dari MotoGP.com.

Evolusi Kamera On Board MotoGPMotoGP Evolusi Kamera On Board MotoGP

Meski demikian, sudut pengambilan gambar yang tak biasa tersebut mendapat sambutan baik dari para pecinta balap motor tersebut. Penonton seolah bisa merasakan jalannya balap dari sudut pandang pebalap.

Evolusi Kamera On Board MotoGPMotoGP Evolusi Kamera On Board MotoGP

Pada akhir '80-an, semua motor peserta balap akhirnya disematkan kamera on board. Seiring berkembangnya teknologi, begitu pula dengan kamera on board, yang dimensinya semakin mengecil dan beratnya hanya sekitar 80 gram.

Evolusi Kamera On Board MotoGPMotoGP Evolusi Kamera On Board MotoGP

Ukurannya memang mungil, tapi kualitas gambar yang ditawarkan luar biasa, resolusinya mencapai 4K. Ditambah lagi, infografis yang ditampilkan juga semakin beragam, mulai dari kecepatan motor, sudut kemiringan, posisi gigi, hingga detak jantung. Khusus kamera belakang, bahkan jangkauannya sudah 360 derajat.



Sumber MotoGP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X