Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Pandemi, Harga Mobil Lelang Turun tapi Tak Ada Pembeli

Kompas.com - 28/04/2020, 17:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil bekas yang dilakukan secara lelang, ikut terkena dampak pandemi Corona atau Covid-19.

Bahkan, akibat virus yang pertama kali diketahui menyebar dari Wuhan, China ini, jumlah peserta lelang mobil bekas juga mengalami penurunan hingga 30 persen.

Sepinya peminat atau peserta lelang juga disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah mobil bekas dengan pembelinya.

Baca juga: Macet di Bundaran Waru Warnai PSBB Surabaya Hari Pertama

Sehingga, stok mobil bekas terlalu banyak dan membuat nilai penjualan pun mengalami penurunan hingga mencapai 20 persen.

Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi, Daddy Doxa Manurung mengatakan, sekarang ini banyak yang menjual mobil melalui lelang.

Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018BidWin Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018

Mulai dari perusahaan, finance, hingga perorangan. Sementara jumlah peminat atau pembeli justru menurun.

“Banyak yang menjual, karena mereka juga susah mau kemana-mana karena ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga larangan mudik,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Sehingga, lanjutnya, para pemilik mobil lebih memilih untuk menjual mobilnya dan dibelikan kebutuhan dan juga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Corona.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Rp 50 Jutaan yang Bisa Didapat dengan Cara Lelang

“Dengan kondisi ini kita memang harus berkorban dulu, tapi pandeminya selesainya kapan. Kalau tidak selesai-selesai, jadi kalau ada yang tanya bagaimana nasib ke depannya saya katakan gelap,” ucapnya.

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

Daddy juga mengatakan, bagi perorangan yang ingin membeli mobil dengan harga murah sekarang adalah waktu yang tepat.

Dengan kondisi seperti ini, harga mobil bekas yang dijual melalui lelang harganya sudah banyak yang turun.

Mulai belasan juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Sehingga, pembeli bisa mendapatkan harga mobil yang jauh di bawah harga pasaran.

Baca juga: Punya Uang Rp 70 Jutaan Bisa Dapat Mobil Lelang Tahun Muda

“Kalau mau mencari mobil untuk pribadi itu sekarang adalah waktu yang tepat. Harganya lebih murah makanya saya menyarankan agar pembeli mencari mobil sekarang saja,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com