Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Pandemi, Harga Mobil Lelang Turun tapi Tak Ada Pembeli

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil bekas yang dilakukan secara lelang, ikut terkena dampak pandemi Corona atau Covid-19.

Bahkan, akibat virus yang pertama kali diketahui menyebar dari Wuhan, China ini, jumlah peserta lelang mobil bekas juga mengalami penurunan hingga 30 persen.

Sepinya peminat atau peserta lelang juga disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah mobil bekas dengan pembelinya.

Sehingga, stok mobil bekas terlalu banyak dan membuat nilai penjualan pun mengalami penurunan hingga mencapai 20 persen.

Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi, Daddy Doxa Manurung mengatakan, sekarang ini banyak yang menjual mobil melalui lelang.

Mulai dari perusahaan, finance, hingga perorangan. Sementara jumlah peminat atau pembeli justru menurun.

“Banyak yang menjual, karena mereka juga susah mau kemana-mana karena ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga larangan mudik,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Sehingga, lanjutnya, para pemilik mobil lebih memilih untuk menjual mobilnya dan dibelikan kebutuhan dan juga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Corona.

“Dengan kondisi ini kita memang harus berkorban dulu, tapi pandeminya selesainya kapan. Kalau tidak selesai-selesai, jadi kalau ada yang tanya bagaimana nasib ke depannya saya katakan gelap,” ucapnya.

Daddy juga mengatakan, bagi perorangan yang ingin membeli mobil dengan harga murah sekarang adalah waktu yang tepat.

Dengan kondisi seperti ini, harga mobil bekas yang dijual melalui lelang harganya sudah banyak yang turun.

Mulai belasan juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Sehingga, pembeli bisa mendapatkan harga mobil yang jauh di bawah harga pasaran.

“Kalau mau mencari mobil untuk pribadi itu sekarang adalah waktu yang tepat. Harganya lebih murah makanya saya menyarankan agar pembeli mencari mobil sekarang saja,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/174100315/efek-pandemi-harga-mobil-lelang-turun-tapi-tak-ada-pembeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke