Aturan Berkendara di Wilayah PSBB di Luar Jabodetabek

Kompas.com - 27/04/2020, 15:40 WIB
Petugas gabungan mengatur lalu lintas kendaraan dari luar kota saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar menerapkan PSBB selama 14 hari dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASAPetugas gabungan mengatur lalu lintas kendaraan dari luar kota saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar menerapkan PSBB selama 14 hari dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 di Indonesia, berbagai wilayah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga batas waktu tertentu.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sebanyak 2 Provinsi dan 21 Kabupaten./Kota yang telah menerapkan pembatasan tersebut.

Di antaranya, Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Barat (Sumbar), Kota/Kabupaten di Jabodetabek, Bandung Raya, Kota Pekanbaru, Kota Makassar, Kota Tegal, Kota Banjarmasin, Kota Tarakan, Kota Surabaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sidoarjo, serta Kabupaten Gresik.

Baca juga: Aturan Berkendara Selama Penerapan PSBB di Jawa Barat

Kondisi jalanan di Kota Bandung tampak lengang di awal pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Hal tersebut terlihat di Jalan Ir H.Djuanda (Dago), Jalan Cihampelas, Jalan Sukajadi, Jalan Cipaganti, Rabu (22/4/2020).KOMPAS.com/AGIE PERMADI Kondisi jalanan di Kota Bandung tampak lengang di awal pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Hal tersebut terlihat di Jalan Ir H.Djuanda (Dago), Jalan Cihampelas, Jalan Sukajadi, Jalan Cipaganti, Rabu (22/4/2020).

Secara umum, pelaksanaan PSBB tidak jauh berbeda. Aturan teknisnya juga masih satu payung dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/264/2020.

Hanya saja ada beberapa hal yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing seperti operasional transportasi umum atau pembukaan usaha. Lantas bagaimana dengan ketentuan berkendaranya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berlaku sejak 22 April 2020, pengendara kendaraan bermotor di Sumbar wajib mengenakan masker dan sarung tangan (khusus sepeda motor). Kemudian mereka juga harus menerapkan jarak atau physical distancing.

Pemotor boleh berboncengan, tapi hanya yang tinggal dalam satu alamat. Kepala Kepolisian Daerah Sumbar Irjen Toni Harmanto juga menyatakan, pengendara dan penumpang wajib jaga jarak.

"Jika berboncengan maka tubuh mereka jangan menempel. Itu dihindari," katanya.

Baca juga: Aturan Berkendara di Wilayah PSBB, Melanggar Kena Denda Rp 100 Juta

Polisi melakukan patroli penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Pasar Baru Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (27/4/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya Polri untuk mendukung aturan pemerintah saat PSBB di Kota Banjarmasin serta memberikan edukasi tentang penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di tempat keramaian.ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S Polisi melakukan patroli penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Pasar Baru Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (27/4/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya Polri untuk mendukung aturan pemerintah saat PSBB di Kota Banjarmasin serta memberikan edukasi tentang penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di tempat keramaian.

Untuk pengendara mobil, selain menggunakan masker ada pengurangan kapasitas penumpang hingga 50 persen. Terkhusus mobil kecil dengan muatan lima orang, batas yang boleh diangkut ialah tiga orang.

Hal serupa diberlakukan di Pekanbaru, Makassar, dan Tegal tapi ada sedikit penambahan yakni pengetatan penyekatan arus kendaraan keluar dan masuk Kota.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.