Di Rumah Aja, Jangan Lupa Rawat Kunci Kontak Sepeda Motor

Kompas.com - 26/04/2020, 18:21 WIB
Penempatan kunci kontak di bagian samping pada Honda CMX500 Rebel Otomania/Setyo AdiPenempatan kunci kontak di bagian samping pada Honda CMX500 Rebel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci kontak sepeda motor merupakan komponen yang cukup krusial. Berfungsi untuk menyalakan dan mematikan motor, mengunci setang, hingga membuka tangki serta jok.

Wendy, mekanik Amie Jaya Motor di kawasan Depok, Jawa Barat, mengatakan, merawat kunci kontak cukup mudah, yakni cukup semprotkan cairan penetran yang banyak di jual di pasaran.

Baca juga: Ragam Kunci Pengaman Motor, dari Model Garpu Sampai Alarm

"Semprotkan lubang kunci kontak dengan cairan pelumas atau penetran. Agar mekanisme di dalamnya tetap lancar," ujar Wendy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ini juga berlaku jika anak kunci sulit masuk ke lubangnya. Jangan memaksa memasukkan atau mengeluarkan anak kunci secara paksa, karena bisa terjadi anak kunci justru patah.

Kunci kontak sepeda motor juga perlu perawatanOtomania/Setyo Adi Kunci kontak sepeda motor juga perlu perawatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika kunci susah masuk ke lubang kunci atau sulit diputar untuk menghidupkan mesin, sebaiknya jangan dipaksa. Cabut dulu kunci dari lubangnya dan semprotkan cairan pelumas atau penetran," ujar Wendy.

Kunci perawatan kunci kontak ialah usahakan tidak berkarat. Karat biasanya terjadi karena air hujan atau bekas cucian tidak kering maksimal. Lubang kunci yang berkarat membuat anak kunci menjadi seret.

Baca juga: Seberapa Efektif Kunci Pengaman Magnetis pada Motor?

"Air yang masuk ke dalam lubang kunci dapat membuat mekanisme di dalamnya tidak lancar, karena membuat pelumas di dalamnya kering," katanya.

Beruntung sebagian besar kunci kontak motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan pengunci magnetis, sehingga menjaga air masuk ke lubang kunci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.