Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Ini Deretan Mobil Baru yang Gagal Meluncur di GIIAS 2020

Kompas.com - 26/04/2020, 13:46 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona atau Covid-19 telah mempengaruhi beragam sektor kehidupan.

Dari industri otomotif, pandemi telah mengakibatkan berhentinya produksi kendaraan, menurunnya capaian penjualan, hingga batalnya sejumlah agenda pameran.

Salah satu yang terancam adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020, yang sedianya berlangsung 6-16 Agustus 2020.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan, pameran ini terlalu berdekatan dengan prediksi masa pemulihan pasar akibat pandemi.

Baca juga: Dilarang Mudik, Viral Foto Bus AKAP Bawa Penumpang di Dalam Bagasi

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

“Bila kita melihat keadaan saat ini, mungkin akan ada adjustment, sebab berdasarkan perkiraan kita pasar baru recovery di Juli mendatang. Jadi terlalu mepet,” ucap Nangoi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Padahal sebagai agenda otomotif nasional, GIIAS 2020 bakal menjadi ajang peluncuran mobil-mobil baru dari sejumlah merek.

Artinya sejumlah calon mobil-mobil baru yang diprediksi meluncur pada tahun ini, sepertinya gagal hadir di pameran tahunan tersebut.

Baca juga: Darurat Corona, Warga DKI Jakarta Bebas Denda Pajak Kendaraan

Hasil olah digital Toyota Fortuner faceliftkolesa.ru Hasil olah digital Toyota Fortuner facelift

Toyota

Dari prediksi kami setidaknya ada dua mobil baru Toyota yang akan melantai di ajang GIIAS 2020. Produk pertama adalah Kijang Innova terbaru, yang diperkirakan bakal meluncur tahun ini.

Apalagi Innova sudah empat tahun belum mendapat penyegaran sama sekali. Di tahun 2020, jadi waktu yang tepat bagi Innova melakukan facelift, termasuk juga Fortuner.

Seperti diketahui, belum lama ini muncul foto spyshot Fortuner facelift di media sosial. Kedua mobil tersebut diprediksi akan sangat dinantikan oleh penggemarnya.

Baca juga: Kendaraan Pribadi Boleh Melintas Antar-wilayah Jabodetabek, Ini Syaratnya

Honda City 2020 telah dikenalkan di Thailand akhir November 2019.paultan.org Honda City 2020 telah dikenalkan di Thailand akhir November 2019.

Honda

Salah satu produk Honda yang belum mendapat penyegaran adalah Mobilio, padahal persaingan di segmen Low MPV cukup ketat.

Untuk menambah penetrasinya di kelas tersebut, Mobilio harus berbenah agar bisa menjawab tantangan baru Xpander, Ertiga, maupun Avanza.

Selain itu, Honda juga harus menyegarkan BR-V. Di segmen ini persaingannya makin sengit, setelah Suzuki akhirnya meluncurkan XL7. Terlebih pada akhir tahun 2019, Mitsubishi juga punya Xpander Cross.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com