Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Aja, Jangan Lupa Rawat Kunci Kontak Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci kontak sepeda motor merupakan komponen yang cukup krusial. Berfungsi untuk menyalakan dan mematikan motor, mengunci setang, hingga membuka tangki serta jok.

Wendy, mekanik Amie Jaya Motor di kawasan Depok, Jawa Barat, mengatakan, merawat kunci kontak cukup mudah, yakni cukup semprotkan cairan penetran yang banyak di jual di pasaran.

"Semprotkan lubang kunci kontak dengan cairan pelumas atau penetran. Agar mekanisme di dalamnya tetap lancar," ujar Wendy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ini juga berlaku jika anak kunci sulit masuk ke lubangnya. Jangan memaksa memasukkan atau mengeluarkan anak kunci secara paksa, karena bisa terjadi anak kunci justru patah.

"Jika kunci susah masuk ke lubang kunci atau sulit diputar untuk menghidupkan mesin, sebaiknya jangan dipaksa. Cabut dulu kunci dari lubangnya dan semprotkan cairan pelumas atau penetran," ujar Wendy.

Kunci perawatan kunci kontak ialah usahakan tidak berkarat. Karat biasanya terjadi karena air hujan atau bekas cucian tidak kering maksimal. Lubang kunci yang berkarat membuat anak kunci menjadi seret.

"Air yang masuk ke dalam lubang kunci dapat membuat mekanisme di dalamnya tidak lancar, karena membuat pelumas di dalamnya kering," katanya.

Beruntung sebagian besar kunci kontak motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan pengunci magnetis, sehingga menjaga air masuk ke lubang kunci.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/26/182100215/di-rumah-aja-jangan-lupa-rawat-kunci-kontak-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke