Begini Cara Memilih dan Merawat Sarung Tangan buat Naik Motor

Kompas.com - 24/04/2020, 19:11 WIB
Ilustrasi sarung tangan berkendara IstimewaIlustrasi sarung tangan berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aturan dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) adalah mewajibkan pengendara motor mengenakan sarung tangan.

Selain mencegah terpapar Covid-19 atau virus corona, sarung tangan memiliki fungsi penting lainnya.

Penggunaan sarung tangan ini bertujuan untuk melindungi area tangan saat berkendara jarak dekat maupun jarak jauh. Tak hanya itu, sarung tangan juga dapat mencegah terjadinya kram pada jari saat berkendara di udara yang dingin.

Baca juga: Di Rumah Aja, Bisa Sambil Bersihkan Rantai Motor Pakai Pelumas

“Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM, dalam keterangan resminya.

Ilustrasi sarung tangan berkendaraIstimewa Ilustrasi sarung tangan berkendara

Setidaknya, ada tiga aspek yang utama dalam memilih dan merawat sarung tangan berkendara, antara lain:

1. Pilihan Bahan yang Sesuai

Ada banyak jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat sarung tangan. Namun, ada dua bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan berkendara, yakni berbahan kulit dan bahan kain.

Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda. Bahan kain cocok digunakan saat udara panas, sehingga dapat menyerap keringat pada tangan. Namun, jika berada di udara yang dingin, sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat.

“Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan,” kata Lucky.

Baca juga: Tren Windshield Klasik ala Motor Zaman Perang Dunia

2. Nyaman Dipakai

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X