Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Kick Starter Motor Keras

Kompas.com - 22/04/2020, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang terjadi pada kick starter sepeda motor ialah keras dan seret. Ketika ''diengkol" kick starter tidak balik atau butuh waktu lama kembali ke posisi awal.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, starter keras dan sulit balik ke posisi semula biasanya karena adanya penumpukan debu atau adanya karat sehingga jadi seret.

Baca juga: Apa Perbedaan Rem Karbon dan Rem Baja pada Motor Balap MotoGP?

"Salah satu faktor penyebab yang paling sering terjadi ada pada debu. Debu ini tersangkut atau menempel pada area as dan gir dari kick starter," kata Rendra kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk itu kata Rendra, jika motor masih punya kick starter biasakan menggunakan minimal sekali sehari setiap pagi diengkol supaya bagian-bagiannya tetap bekerja dengan baik.

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.

"Untuk perawatannya mudah sekali, walaupun ada electric starter minimal tiap pagi hari selalu gunakan kick starter. Jadi, ada pergerakan di bagian kick starter ini," katanya.

Baca juga: Wahai Pengendara Motor, Begini Trik Lolos dari Begal

Selain itu, jangan lupa juga untuk rajin-rajin mencuci motor agar bersih, terutama setelah terkena hujan.

"Setiap 8.000 KM di AHASS ada paket pembersihan CVT. Paket ini sudah termasuk pelumasan area kick starter menggunakan grease," kata Rendra.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, bila sudah keras, bersihkan bagian penghubung gir dengan memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).

"Kemudian oleskan gamuk atau grease pada starter pinion dan alur gir agar tidak keras lagi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com