Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Clinica Mobile, Pertolongan Pertama Pebalap MotoGP

Kompas.com - 24/04/2020, 15:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim medis merupakan bagian terpenting dalam sebuah balapan. Sebab, para tenaga medis ini yang akan memberikan pertolongan pertama untuk para pebalap yang mengalami kecelakaan atau membutuhkan bantuan medis apa pun.

Di MotoGP, tim medis ini disebut dengan Clinica Mobile. Didirikan oleh dr. Claudio Costa, yang memulainya dari ajang balap nasional di Italia pada era awal '70-an.

Namun, semua bermula dari ayahnya, Checco Costa, yang merupakan seorang pengatur ajang balap.

Baca juga: Teknologi Girboks Seamless pada Motor Balap MotoGP, Mirip Motor Matik

Dikutip dari clinicamobile.com, pada bulan April 1972, Checco Costa pernah mengatur balapan 200 mil pertama di Imola. Dia mengajak anaknya untuk memfasilitasi kebutuhan medis di ajang balap ini.

Sejak saat itu, dr. Claudio Costa sadar bahwa dia dan timnya memang ditakdirkan untuk jadi tim medis di ajang balap Grand Prix yang sekarang ini bernama MotoGP.

Clinica Mobile, tim medis MotoGPMotoGP Clinica Mobile, tim medis MotoGP

Tahun tersebut masih sulit untuk melakukan perjalanan. Jika ingin berpindah dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya, mereka harus menempuh jalur darat, air, maupun udara, sambil membawa perlengkapan medis.

Baru pada 1 Mei 1977, Clinica Mobile resmi mendapat tempat di paddock di sirkuit Salzburgring, Austria.

Pada masa itu, peralatan yang digunakan juga belum secanggih sekarang, baik peralatan medis atau peralatan pelindung pebalap. Banyak pebalap yang ditangani Clinica Mobile dengan cedera yang cukup parah.

Tapi, semua bisa dapat pertolongan pertama sebelum akhirnya dikirim ke rumah sakit terdekat yang punya fasilitas lebih lengkap.

Baca juga: Apa Perbedaan Rem Karbon dan Rem Baja pada Motor Balap MotoGP?

Berawal dari klinik berjalan yang menggunakan kendaraan, kini di tiap sirkuit sudah dibangun klinik permanen untuk tim medis dengan peralatan dan perlengkapan yang menunjang. Klinik permanen ini pertama kali diresmikan di Jerez tahun 2002.

Meskipun tidak selengkap rumah sakit besar, tapi setidaknya Clinica Mobile siap memberikan pertolongan pertama untuk para pembalap yang mengalami kecelakaan di sirkuit.

Clinica Mobile, tim medis MotoGPMotoGP Clinica Mobile, tim medis MotoGP

Selama MotoGP digelar di satu sirkuit, Clinica Mobile akan siaga 24 jam. Mereka akan memberikan pengobatan untuk siapa aja yang membutuhkan. Bukan hanya pebalap saja yang bisa terima pengobatan dari Clinica Mobile, tapi semua yang bekerja di paddock, dan jurnalis pun juga bisa minta pertolongan ke mereka.

Bahkan, komentator yang mengeluh karena sakit tenggorokan pun juga akan ditangani.

Clinica Mobile, tim medis MotoGPMotoGP Clinica Mobile, tim medis MotoGP

Tak banyak yang tahu, bahwa Clinica Mobile juga sudah dilengkapi dengan helikopter ambulans. Helikopter ini vital fungsinya. Dorna dan FIM tidak akan mengizinkan ada pebalap yang turun ke sirkuit jika helikopter tidak mendapatkan izin terbang akibat cuaca buruk.

Kebijakan ini bermaksud untuk bisa mengantarkan pebalap ke rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas lengkap dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com