Dampak Corona, Harga Mobil Bekas Turun hingga Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 24/04/2020, 08:12 WIB
Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari. Ari PurnomoSeorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi corona yang terjadi di Indonesia berdampak pada berbagai sektor perekonomian, termasuk bisnis jual beli mobil bekas ( mobkas).

Dalam kondisi seperti sekarang ini, harga mobil bekas mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Tidak hanya penurunan angka penjualannya, tetapi harga mobil yang ditawarkan pun terpaksa harus diturunkan untuk mengikuti kondisi saat ini.

Baca juga: Ini Cara Polisi Tegur Pengemudi yang Melanggar Aturan PSBB Jakarta

Penurunan harga yang terjadi pun bervariasi tergantung pada model dan klasifikasi mobil itu sendiri. Mulai puluhan juta rupiah hingga mencapai Rp 20 jutaan.

Pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall, Jakarta Selatan, Bimo Maliki, mengatakan, saat ini harga mobil bekas telah mengalami penurunan.

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Untuk mobil bekas mewah dan langka di kisaran Rp 1 miliar, bisa turun ke angka Rp 700 jutaan,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sedangkan, lanjut Bimo, mobil-mobil bekas di kisaran Rp 100 jutaan sampai Rp 200 jutaan juga tidak luput dari penurunan harga.

“Penurunan yang terjadi sekitar Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan,” katanya.

Baca juga: Terdampak Corona, Pengusaha Rental Mobil Minta Keringanan Kredit

Menurutnya, dalam kondisi seperti sekarang ini banyak orang yang memilih menahan uangnya. Perbandingan yang jual dan yang beli sekitar 70 persen berbanding 30 persen.

“Stok banyak bikin harga turun, jadi kalau punya uang mending beli sekarang,” ujar Bimo.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X