Mengenal Dua Tipe Sasis Bus, Ladder dan Modular

Kompas.com - 14/04/2020, 17:35 WIB
sasis bus modular sanzakiiytoet.blogspotsasis bus modular

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan angkutan orang yang sudah beredar sejak lama. Seiring perkembangan zaman, teknologi sasis bus semakin berkembang. Sampai saat ini, ada dua model sasis bus yang beredar di Indonesia, yaitu ladder dan modular.

Sasis ladder memiliki bentuk seperti tangga dengan dua buah batang baja sejajar, lalu di tengah-tengahnya ada batang baja lainnya untuk memperkuat sasis.

Sedangkan sasis modular, harus membuat space frame yang menyambung bagian depan dan belakang sasis.

Kedua jenis sasis bus ini sesuai dengan penggunaannya, seperti yang dikatakan Prasetyo Adi, Deputy GM Product Manager Hino Motors Sales Indonesia. Kebanyakan Bus yang ada di Indonesia menggunakan sasis ladder di banding modular.

Baca juga: Lalu Lintas Ibu Kota Kembali Ramai pada Hari Ke-4 PSBB

sasis bus ladderawansan.com sasis bus ladder

“Sasis ladder bisa mengangkut lebih banyak beban, lebih baik dalam melewati jalan yang rusak. Sering juga digunakan untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) karena memiliki kemampuan menahan tekanan akibat pengereman dan akselerasi,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Prasetyo juga mengatakan kalau sasis ladder lebih kokoh karena menggunakan landasan. Selain itu, sasis ladder lebih mudah untuk dirakit menjadi bus, seperti yang dikatakan Dimas Raditya, Sales Staff dari Karoseri Tentrem di Ungaran.

“Lebih mudah membuat bus dengan sasis ladder, karena rangka bisa langsung naik ke sasisnya, tanpa bikin modular space frame lagi,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Baca juga: Titik Razia PSBB Jakarta Bakal Diperluas

Di balik banyak keunggulan dari sasis ladder, sasis modular memiliki kelebihannya sendiri. Sasis modular memiliki bagasi yang lebih luas dan bagasinya menembus antara kanan dan kirinya, sedangkan sasis ladder akan terhalang oleh besi rangka.

Bus yang menggunakan sasis modular di Indonesia biasanya berasal dari merek Eropa seperti Scania, Volvo, dan Mercedes-Benz. Selain itu, sasis modular lebih fleksibel untuk dibuat berbagai model bus, seperti bus AKAP ataupun bus kota yang memiliki lantai yang rendah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X