Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikrotrans Jaklingko Stop Beroperasi, Pengemudi Tetap Dapat Gaji

Kompas.com - 14/04/2020, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyebaran virus corona atau covid-19 di DKI Jakarta, masih berlangsung hingga sekarang. Bahkan DKI Jakarta menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) agar bisa lebih cepat menangani virus corona.

Selain adanya PSBB, sejak diputuskan virus corona sebagai kejadian luar biasa (KLB), jumlah penumpang transportasi umum sontak menurun. Bahkan salah satu moda transportasi umum di Jakarta, Mikrotrans Jaklingko sudah stop beroperasi sejak 23 Maret 2020.

Berkurangnya penumpang, membuat banyak pelaku sektor transportasi mengalami kerugian. Ada juga pengemudi yang penghasilannya berkurang. Lalu bagaimana nasib dari pengemudi Mikrotrans Jaklingko?

Baca juga: Penjelasan Kemenhub Izinkan Ojol Angkut Penumpang Saat PSBB Jakarta

pangkalan angkot jaklingkoFathan pangkalan angkot jaklingko

Syafruhan, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, mengatakan, kalau nasib dari pengemudi Mikrotrans Jaklingko tetap aman walaupun tidak beroperasi.

“Untuk saat ini aman mas, mereka tetap dibayar sesuai kontrak antara Transjakarta dan operator,” ucap Shafruhan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perdana Balapan Virtual MotoGP, Rossi Finis Posisi Tujuh

Sedangkan nasib pengemudi angkutan umum biasa, mengalami penurunan pemasukan karena banyak masyarakat yang tidak keluar rumah. Sesuai dengan penyatan Presiden Joko Widodo, pengemudi akan mendapatkan insentif setiap bulannya.

“Sudah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo akan memberikan bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan. Kami masih menunggu teknisnya akan seperti apa,” kata Shafruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com