Mobil Lama Parkir Muncul Karat pada Rem Cakram, Apakah Bahaya?

Kompas.com - 13/04/2020, 13:21 WIB
Ilustrasi pelek mobil. KompasOtomotif-Donny AprilianandaIlustrasi pelek mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki minggu keempat penerapan social distancing dan work from home, Anda barangkali jadi makin jarang keluar rumah. Begitu juga dengan mobil yang lama menganggur di garasi.

Karena lama tidak bergerak, mobil harus dicek keadaannya. Selain memastikan mobil masih dapat dihidupkan, penting juga mengecek bagian pengereman.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan, piringan cakram yang terbuat dari baja dapat berkarat jika mobil lama tidak bergerak.

Baca juga: Perdana Balapan Virtual MotoGP, Rossi Finis Posisi Tujuh

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Menurutnya, kondisi ini normal karena oksidasi uap air air yang terjadi di sekitarnya. Namun kalau terus didiamkan dapat membuat sistem pengereman bermasalah.

“Kalau dibiarkan terus karat akan menetap dan jadi sulit dihilangkan,” ujar Suparna, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkannya ternyata mudah, Anda tidak perlu membuka roda dan membersihkannya satu per satu.

Baca juga: Penjelasan Kemenhub Izinkan Ojol Angkut Penumpang Saat PSBB Jakarta

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Mobil cukup dijalankan saja, sambil direm berulang-ulang. Biasanya nanti akan muncul suara berdecit karena gesekan dengan kampas rem, tapi nanti akan hilang sendiri,” ucap Suparna.

“Selain itu, biasanya karat bikin kampas rem menempel dengan cakram ataupun drum. Jadi jangan kaget kalau roda mobil agak seret setelah lama didiamkan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.