Komunitas Otomotif di Medan Bentuk Relawan Peduli Disinfektan Covid-19

Kompas.com - 12/04/2020, 17:22 WIB
Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) IstimewaRelawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus Corona membuat banyak orang untuk ikut membantu memutus mata rantai persebaran.

Selain di rumah saja, sebagian orang membentuk Relawan Peduli Disinfektan (RPD), seperti yang dilakukan komunitas otomotif ini.

"Pakai nama RPD semata biar fokus, karena pekerjaan utama RPD adalah penyemprotan disinfektan," ujar Musa Idishah, Ketua Umum XTrim Indonesia, komunitas trail adventure yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Keren, Polisi Ini Modifikasi Honda Beat Jadi Water Cannon Disinfektan

RPD Covid-19 Sumut mulai bergerak pada Senin (6/4/2020), yang sebelumnya juga sudah bergerak, namun belum pakai nama RPD.

Relawan ini dibentuk spontan akibat pandemi Covid-19 dengan mengandalkan dana dari donatur internal dan kemudian sumbangan rekan-rekan.

Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut)Istimewa Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut)

"Tidak lantas kemudian membuat proposal baru kemudian membentuk RPD Covid-19 Sumut bergerak," kata Musa.

Kehadiran kumpulan relawan ini diprakarsai oleh komunitas otomotif di Medan.

"Adalah komunitas trail adventure XTrim Indonesia dan Indonesia Offroad Federation ( IOF) Pengda Sumut dan Pengcab Medan," ujar Musa.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Kawal PMI Semprot Disinfektan di Jakarta

Kebetulan di XTrim Indonesia dan IOF itu ada tim rescue, sehingga ada histori dan hubungan emosional antara personil dan lembaga atau organisasi berbeda itu.

Utamanya pada kegiatan penyelamatan kebencanaan dan pada setiap acara otomotif adventure mobil atau motor.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X